slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
Tingkat Ketersediaan Referensi Mata Kuliah Program Studi Ilmu Perpustakaan Di Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro Berdasarkan Kurikulum Tahun 2012 | Nursetyaningsih | Jurnal Ilmu Perpustakaan Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Tingkat Ketersediaan Referensi Mata Kuliah Program Studi Ilmu Perpustakaan Di Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro Berdasarkan Kurikulum Tahun 2012

*Widia Nursetyaningsih  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis ketersediaan koleksi bahanreferensi mata kuliahprogram studi Ilmu Perpustakaan di Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro (Perpustakaan FIB Undip) dalam mendukung kurikulum pembelajaran. Penelitian ini merupakan studikuantitatif dengan pendekatan checkinglist. Data penelitian berasal dari daftar Referensi matakuliah Program Studi Ilmu Perpustakaan yang tertera di dalam Satuan Acara Perkuliahan (SAP). Teknikpengambilan sampel menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian inimenggunakan observasi dan studi dokumentasi SAP Program Studi Ilmu Perpustakaan dan katalog koleksiPerpustakaan Fakultas Ilmu Budaya untuk memperoleh data primer. Hasil penelitian ini menunjukkanbahwa ketersediaan judul bahan referensi mata kuliah Program Studi Ilmu Perpustakaan sebesar 39,67%dari 242 judul yang dibutuhkan sehingga termasuk dalam kategori tidak baik karena jauh dariketentuan minimal yaitu 80%. Hal tersebut terjadi karena tidak adanya kebijakan pengembangankoleksi secara tertulis di Perpustakaan FIB Undip dan juga minimnya anggaran yang dialokasikanPihak Fakultas untuk pengadaan koleksi, sehingga tidak semua bahan Referensi yang dibutuhkan dapattersedia di perpustakaan. Hal ini dapat menjadi salah satu penghambat lembaga induknya dalammencapai visi yang telah dirancang. Dengan demikian penulis menyarankan kepada pihak perpustakaan FIB Undip untuk menyusun kebijakan pengembangan koleksi agar dapatmemenuhi kebutuhan pemustaka sesuai dengan kurikulum serta visi dan misi lembaga induknya.
Fulltext View|Download
Keywords: ketersediaan koleksi; bahan referensi; Program Studi Ilmu Perpustakaan; Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro
Funding: Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan
  1. Badan Standard Nasional. 2011. SNI Perpustakaan Perguruan Tinggi. Dalam http://perpustakaan.kemenkopmk.go.id/perpus/assets/kitchen/berkas/ebook/standar_nasional_indonesia_bidang_kepustakaan_dan_kepustakawanan1.pdf. [Diakses pada tanggal 1 Mei 2018]
  2. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. 2004. Perpustakaan Perguruan Tinggi: Buku Pedoman Dikjen-Dikti. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
  3. Disher, Wayne. 2007. Crash Course in Collection Development. Westport:Libraries Unlimited
  4. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 232/U/2000. Dalam http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/Kepmen232-U 2000 Penyusunan Kurikulum.pdf. [Diakses pada 23 Juli 2018]
  5. Kerlinger, Fred N. 2010. Asas-asas Penelitian Behavioral. Yogyakarta: Gajah Mada University Press
  6. Kuncoro, Mudjarat. 2003. Metode riset ekonomi bisnis. Jakarta: Penerbit Erlangga
  7. Lancaster, F.W 1993. The Evaluation of Library Services: a Concise Review of the Existing Literature. Urbana University of Illionis
  8. Lasa Hs. 2005. Manajemen Perpustakaan. Yogyakarta: Gama Media
  9. Peraturan Pemerintah No. 24 Tahun 2014. Dalam http://kelembagaan.pnri.go.id/Digital_Docs/pdf/about_us/official_archives/public/normal/PP%20Nomor%2024%20Tahun%202014.pdf [Diakses pada tanggal 5 Mei 2018]
  10. Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
  11. Sulistyo-Basuki. 2002. “Kurikulum Pendididikan Pustakawan untuk Program Sarjana, apakah masih diperlukan?”. Jurnal Visi Pustaka. Vol. 4 No.1. Dalam https://www.perpusnas.go.id/magazine-detail.php?lang=id&id=8059. [Diakses pada 20 Juli 2018]
  12. . 2006. Metode Penelitian. Jakarta: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI. Wedatama Widya Sastra
  13. Sutarno. 2006. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Sagung Seto
  14. Usman, H. dan Purnomo. 2009. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT Bumi Aksara
  15. Yusuf. Pawit M. 2010. Pedoman Penyelenggarakan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.