Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

KINERJA PUSTAKAWAN SMA NEGERI 1 SLAWI BERDASARKAN PERSEPSI PEMUSTAKA

*Yudin Wibisono  -  Jurusan S1 Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro, Indonesia
Sri Ati  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Judul dari skripsi ini adalah “Kinerja Pustakawan SMA Negeri 1 Slawi Berdasarkan Persepsi Pemustaka”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi pemustaka terhadap kinerja pustakawan di Perpustakaan SMA Negeri 1 Slawi dengan menggambarkan persepsi pemustaka terhadap sumber daya manusia, produktifitas kerja pustakawan, disiplin/ manajemen waktu pustakawan, serta efektifitas kerja pustakawan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif, dan masih termasuk dalam jenis penelitian studi kasus. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dan XII angkatan 2012/2013 yang menggunakan Perpustakaan SMA Negeri 1 Slawi sebayak 635 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 20% dari populasi yaitu sebanyak 127 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik penarikan sampel acak (Random sampling). Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan alat bantu pengolahan program SPSS versi 16.0. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah sebesar 80,3% atau 102 responden memberikan persepsi yang baik, dan 22 responden atau 17,3% memberikan persepsi sangat baik terhadap kinerja pustakawan di Perpustakaan SMA Negeri 1 Slawi. Jadi dapat disimpulkan sebesar 97,6% dari seluruh jumlah responden memberi persepsi terhadap kinerja pustakawan sudah baik, yaitu dalam hal membantu menemukan informasi/ koleksi yang dibutuhkan pemustaka, sikap dan penampilan pustakawan, penataan ruang dan koleksi, kedisiplinan pustakawan, dan efektifitas pelayanan.
Fulltext View|Download
Keywords: Kinerja Pustakawan; Persepsi Pemustaka; SMA Negeri 1 Slawi

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.