PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP KINERJA PUSTAKAWAN : STUDI KASUS LAYANAN SIRKULASI PERPUSTAKAAN STIKES WIDYA HUSADA SEMARANG

*Fitriani Yanita  -  Jurusan S1 Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro, Indonesia
Aan Permana  -  , Indonesia
Desy Ery Dani  -  , Indonesia
Published: 14 May 2013.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penilaian pemustaka terhadap kinerja pustakawan di Perpustakaan STIKES Widya Husada Semarang dalam melayani. Peneliti mengambil 10 orang informan dalam penelitian ini, terdiri atas 3 orang dosen, 1 orang karyawan STIKES Widya Husada, dan 6 orang mahasiswa STIKES Widya Husada Semarang. Peneliti menentukan 1 orang informan yang diambil sebagai informan kunci dari salah satu informan yang memiliki kriteria intensitas kunjungan lebih tinggi dari informan lainnya. Komitmen untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat tanpa membedakan golongan merupakan salah satu tugas pustakawan profesional dalam melayani. Hasil penelitian menunjukkan keberadaan pustakawan sangat membantu pemustaka dalam menemukan informasi yang dibutuhkan, pemustaka sudah mengenal sistem layanan sirkulasi dengan baik serta kepuasan pemustaka terhadap keramahan dan kinerja pustakawan. Namun tetap saja pemustaka mengharapkan pelayanan yang lebih prima dari sebelumnya karena ada beberapa kekurangan yang harus diperbaiki.
Keywords: Persepsi; Kinerja Pustakawan; Layanan Sirkulasi; Perpustakaan STIKES Widya Husada

Article Metrics: