Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

ANALISIS KINERJA GURU YANG MERANGKAP SEBAGAI PENGELOLA PERPUSTAKAAN ( STUDI KASUS DI SMA NEGERI 1, 5, 7, DAN 8 DI LINGKUNGAN SURAKARTA )

*Bahar Dani Arias  -  Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Undip, Indonesia
Endang Fatmawati  -  Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Undip, Indonesia

Citation Format:
Abstract
pengelola Perpustakaan di SMA Negeri 1, 5, 7, dan 8 Surakarta yang mendapat tugas tambahan untuk mengelola perpustakaan sekolah masing-masing. Penelitian dilakukan di Perpustakaan Sekolah SMA Negeri 1, 5, 7, dan 8 di lingkungan Surakarta dengan menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Jumlah informannya sebanyak 5 orang, yang terpilih dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa para guru pustakawan di SMA Negeri 1, 5, 7, dan 8 Surakarta merasa terganggu ketika menjalani profesinya sebagai guru dan pengelola perpustakaan. Namun begitu pelaksanaan tugas sebagai guru yang merangkap sebagai pengelola perpustakaan perlu adanya manajemen sumber daya manusia, sehingga dalam menjalankan tugas tidak saling mengganggu satu sama lain, antara lain: pembagian jadwal mengajar dan mengelola perpustakaan.
Fulltext View|Download
Keywords: Kinerja Guru; Guru Pustakawan; Perpustakaan SMA Negeri 1, 5, 7, dan 8 Surakarta.

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.