ANALISIS BENTUK PERSONAL BRANDING PUSTAKAWAN MELALUI MEDIA SOSIAL (Studi Kasus Pada Akun Media Sosial Pustakawan di Kota Semarang, Salatiga, dan Yogyakarta)

Dwi Ferra Lisia Inami, Rizki Nurislaminingsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk personal branding pustakawan melalui media sosial
serta apa tujuan pustakawan melakukan upaya personal branding di media sosial. Penelitian ini menggunakan
metode deskriptif kualitatif dengan rancangan bersifat kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode purposive
sampling digunakan untuk memperoleh informan dalam penelitian ini dengan mengambil enam informan yang
terlibat langsung. Hasil penelitian dari bentuk personal branding pustakawan melalui media sosial ditemukan bahwa
terdapat informan yang memiliki spesialisasi dibidang pustakawan ilmuwan, terdapat informan dengan spesialisasi
dibidang SLiMS, terdapat informan dengan spesialisasi sebagai konsultan perpustakaan, terdapat pula informan
yang memiliki spesialisasi dibidang kepenulisan (writer librarian), serta terdapat pula informan dengan spesialisasi
dalam pengembangan TI di perpustakaan. Tujuan pustakawan dalam membangun personal branding berbeda dari
satu pustakawan dengan pustakawan lain, diantaranya untuk berbagi informasi, komunikasi,dokumentasi,
pembentukan citra, eksistensi diri, sarana personal branding, serta penyalur aspirasi.

Keywords


pustakawan; personal branding; personal branding pustakawan; media sosial

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.