ANALISIS KNOWLEDGE SHARING PADA KELAS BAHASA ARAB DI PERPUSTAKAAN MULTIMEDIA MASJID IMAM ASY SYAFI’I PEKALONGAN

Amma Qosiahana, Ary Setyadi

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran proses knowledge sharing yang
terjadi pada kelas bahasa Arab yang dilakukan dengan pembelajaran secara offline (pertemuan
kelas) dan online (via whatsapp) serta proses pembentukan kelas bahasa Arab di Perpustakaan
Multimedia Masjid Imam Asy Syafi’i Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif
kualitatif dengan rancangan bersifat kualitatif dan pendekatan studi kasus. Metode purposive
sampling digunakan untuk memperoleh informan dalam penelitian ini dengan mengambil empat
informan yang terlibat langsung. Hasil penelitian dari proses knowledge sharing yang terjadi pada
kelas bahasa Arab yaitu tahapan proses sosialisasi pada kelas bahasa Arab khusus santriwati di
Perpustakaan Multimedia Masjid Imam Asy Syafi’i Pekalongan bahwa jadwal kelas bahasa Arab
itu sudah ditentukan oleh pihak Yayasan setiap minggu sekali, tepatnya Sabtu pukul 08.00 WIB,
tahapan proses eksternalisasi yang dilakukan oleh pihak Yayasan dalam mengubah pengetahuan
kelas bahasa Arab secara umum telah dilakukan dan direncanakan sebelumnya dengan cara
membuat rekaman audio pembelajaran dikelas yang dikelola oleh admin grup, kemudian
disebarkan grup “KBA Imsya 3”, tahapan proses kombinasi dari kelas bahasa Arab yaitu hasil
pembelajaran dan diskusi (sharing) kelas bahasa Arab dibagikan melalui grup whatsapp “KBA
Imsya 3”, tahapan proses internalisasi pada kelas bahasa Arab baik online maupun offline yaitu
bahwa santriwati untuk mendapatkan pengetahuan bahasa Arab yang baru, materi yang disebarkan
pada grup whatsapp disimpan di perangakat telepon secara pribadi.

Keywords


knowledges sharing; perpustakaan khusus; Perpustakaan Masjid Imam Asy Syafi’i

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.