Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

PERANAN PENGELOLAAN ARSIP SEBAGAI PENDUKUNG AKREDITASI BAN-PT DI PROGRAM STUDI S-1 PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS MATEMATIKA DAN IPA UNIVERISTAS NEGERI SEMARANG (STUDI KASUS TAHUN 2015)

*Cindra Fajar Sekarningsih  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Alamsyah Alamsyah  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan arsip akreditasi, mengetahui peranan
pengelolaan arsip sebagai pendukung akreditasi, dan mengetahui kendala yang dihadapi dalam
kegiatan akreditasi di Program Studi S-1 Pendidikan Biologi FMIPA Unnes. Penelitian ini
menggunakan desain kualitatif jenis deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi.
Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan simpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pengelolaan arsip sebagian sudah terlaksana
dengan baik dan sebagian belum terlaksana dengan baik. Pengelolaan arsip untuk keperluan
akreditasi yang telah dilakukan oleh prodi sangat berperan penting karena dapat memudahkan,
melancarkan, dan mempersingkat waktu dalam penemuan kembali arsip ketika dibutuhkan
baik oleh tim pengisi borang ataupun tim asesor. Kendala yang dihadapi yaitu kesulitan dalam
pengumpulan dokumen individu dari Sumber Daya Manusia Program Studi (SDM Prodi) yang
berkaitan dengan fisik dokumen yang disebabkan keterbatasan waktu dan kesibukan SDM
Prodi sehingga sering kali terjadi ketidaksinambungan waktu antara tim pengisi borang dan
SDM Prodi.
Fulltext View|Download
Keywords: peranan; pengelolaan; arsip dinamis; akreditasi; program studi

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.