KNOWLEDGE SHARING DALAM FORUM ONLINE: STUDI KASUS GRUP FACEBOOK INLIS-LITE UNTUK PERPUSTAKAAN INDONESIA

*Ulul Faiqoh  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Jazimatul Husna  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Received: 31 Jan 2019; Published: 7 Feb 2019.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 39 266
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan kegiatan knowledge
sharing dan faktor individu yang mempengaruhi terjadinya knowledge sharing di grup
facebook INLIS-Lite untuk Perpustakaan Indonesia. Metode dalam penelitian ini
adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian
menunjukan bahwa penerapan knowledge sharing di grup facebook INLIS-Lite untuk
Perpustakaan Indonesia dilakukan melalui beberapa diskusi, yaitu diskusi instalasi
INLIS-Lite, diskusi trial and error INLIS-Lite, dan diskusi pengembangan INLISLite.
Faktor efikasi diri terlihat bahwa anggota grup merasa yakin dengan
kemampuannya untuk berbagi pengetahuan kepada anggota lain. Faktor timbal balik
menunjukan bahwa anggota hanya menginginkan timbal balik yang positif agar
terlihat manfaat yang didapatkan dari proses knowledge sharing. Faktor altruisme
terlihat bahwa anggota melakukan kegiatan berbagi pengetahuan semata-mata untuk
kepentingan bersama. Pada faktor kepercayaan, anggota yakin bahwa grup facebook
INLIS-Lite untuk Perpustakaan Indonesia bisa menjadi sarana yang tepat dalam
kegiatan berbagi pengetahuan seputar INLIS-Lite.
Keywords: knowledge sharing; manajemen pengetahuan; faktor individu knowledge sharing, Facebook; INLIS-Lite untuk Perpustakaan Indonesia

Article Metrics: