KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP RAMBU PERPUSTAKAAN DI BALAI LAYANAN PERPUSTAKAAN BPAD DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

*Sakti Arum Kusuma  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Jumino Jumino  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Received: 31 Jan 2019; Published: 7 Feb 2019.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 21 89
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai kepuasan pengguna terhadap rambu perpustakaan di Balai
Layanan Perpustakaan BPAD Daerah Istimewa Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui bagaimana kepuasan pengguna terhadap rambu perpustakaan di Balai Layanan
Perpustakaan BPAD DIY. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasi. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Sampel yang diambil
berjumlah 100 responden dengan menggunakan teknik accidental sampling. Analisis data
menggunakan korelasi pearson product moment. Hasil dari penelitian ini berdasarkan analisis uji
hipotesis, kepuasan pengguna berpengaruh signifikan terhadap rambu perpustakaan di Balai
Layanan Perpustakaan BPAD DIY, hal ini ditunjukkan dengan nilai korelasi product momen
sebesar 0,297 dengan taraf signifikan 0,03 yang berarti kekuatan hubungan antara variabel
kepuasan pengguna dengan rambu perpustakaan memiliki nilai kekuatan yang rendah.
Keywords: rambu perpustakaan; kepuasan pengguna; layanan perpustakaan

Article Metrics: