BibTex Citation Data :
@article{JIP23153, author = {Muhammad Shahabudin and Mecca Arfa}, title = {PERAN PROGRAM BENGKEL BACA TULIS PERPUSTAKAAN SEKOLAH ALAM AULIYA KENDAL DALAM PEMBELAJARAN LIFESKILL SISWA}, journal = {Jurnal Ilmu Perpustakaan}, volume = {6}, number = {3}, year = {2019}, keywords = {program perpustakaan; life-skill; Sekolah Alam Auliya}, abstract = {Penelitian ini membahas mengenai peran program Bengkel Baca Tulis Perpustakaan Sekolah Alam Auliya Kendal dalam pembelajaran life-skill siswa”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran dari program Bengkel Baca Tulis di perpustakaan Sekolah Alam Auliya Kendal dalam pembelajaran life-skill siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan studi kasus dengan desain penelitian kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, dengan metode pengumpulan data wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Informan yang dipilih berjumlah 18 informan yaitu kepala yayasan, guru, pustakawan, dan siswa. Analisis data menggunakan metode flow model analysis atau model analisis data mengalir milik Miles & Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Bengkel Baca Tulis berperan aktif dalam pembelajaran life-skill siswa diihat dari aspek self-confident, responsible citizenship, dan interpersonal skill. Kemampuan self-confident terasah dari aktivitas membaca, berdiskusi, bermitra, dan menulis. Responsible citizenship diperoleh dari aktivitas menulis dan bercerita, sementara kemampuan interpersonal skill nampak dalam aktivitas bermitra. Masing-masing aktivitas pada hakikatnya mengandung semua unsur life-skill yang dibutuhkan oleh siswa.}, issn = {97980000000}, pages = {231--240} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23153} }
Refworks Citation Data :
Last update: