Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

PERAN PROGRAM BENGKEL BACA TULIS PERPUSTAKAAN SEKOLAH ALAM AULIYA KENDAL DALAM PEMBELAJARAN LIFESKILL SISWA

*Muhammad Shahabudin  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Mecca Arfa  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai peran program Bengkel Baca Tulis Perpustakaan Sekolah
Alam Auliya Kendal dalam pembelajaran life-skill siswa”. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana peran dari program Bengkel Baca Tulis di perpustakaan Sekolah Alam
Auliya Kendal dalam pembelajaran life-skill siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode pendekatan studi kasus dengan desain penelitian kualitatif. Data yang digunakan
adalah data primer dan sekunder, dengan metode pengumpulan data wawancara, observasi, dan
studi dokumentasi. Informan yang dipilih berjumlah 18 informan yaitu kepala yayasan, guru,
pustakawan, dan siswa. Analisis data menggunakan metode flow model analysis atau model
analisis data mengalir milik Miles & Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
program Bengkel Baca Tulis berperan aktif dalam pembelajaran life-skill siswa diihat dari aspek
self-confident, responsible citizenship, dan interpersonal skill. Kemampuan self-confident
terasah dari aktivitas membaca, berdiskusi, bermitra, dan menulis. Responsible citizenship
diperoleh dari aktivitas menulis dan bercerita, sementara kemampuan interpersonal skill
nampak dalam aktivitas bermitra. Masing-masing aktivitas pada hakikatnya mengandung semua
unsur life-skill yang dibutuhkan oleh siswa.
Fulltext View|Download
Keywords: program perpustakaan; life-skill; Sekolah Alam Auliya

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.