KERJASAMA MANAJEMEN PERPUSTAKAAN SEKOLAH BERBASIS SUMBER DAYA MANUSIA (STUDI KASUS SMP NEGERI 21 SEMARANG)

*Dini Apriliawati  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Ika Krismayani  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Received: 30 Jan 2019; Published: 7 Feb 2019.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 19 107
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kerjasama manajemen perpustakaan
sekolah berbasis sumber daya manusia di SMP Negeri 21 Semarang. Penelitian ini
menggunakan desain penelitian kualitatif dan bentuk penelitian studi kasus. Pada
penelitian akan memberikan gambaran yang cermat tentang fenomena yang terjadi
mengenai kerjasama antara pustakawan dengan kepala sekolah, guru, siswa, dan wali
murid di Perpustakaan SMP Negeri 21 Semarang. Pemilihan informan dalam penelitian
ini menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi
sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diketahui dalam
mengelola perpustakaan, pustakawan telah menjalin kerjasama dengan kepala sekolah,
guru, siswa, dan wali murid. Adanya kerjasama tersebut bertujuan untuk membantu
pustakawan dalam mengembangkan perpustakaan sekolah. Bentuk kerjasama dilakukan
untuk memenuhi sarana prasarana di perpustakaan, meningkatkan minat kunjung
perpustakaan, dan membantu dalam kegiatan pengadaan koleksi di perpustakaan.
Keywords: kerjasama; sumber daya manusia; perpustakaan sekolah

Article Metrics: