PERAN PERPUSTAKAAN YAYASAN SETARA DALAM MEMBINA MINAT BACA DAN KEMAMPUAN BACA ANAK JALANAN

Sandy Prasetyo Utomo, Hermintoyo Hermintoyo

Abstract


Permasalahan dalam penelitian yang berjudul “Peran Perpustakaan Yayasan Setara dalam Membina
Minat Baca dan Kemampuan Baca Anak Jalanan” adalah bagaimana peran dari Perpustakaan Yayasan
Setara mendampingi dalam membina minat baca dan kemampuan baca anak jalanan. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dan upaya apa saja yang dilakukan oleh pihak
perpustakaan Yayasan Setara dalam membina minat baca dan kemampuan baca anak jalanan. Penelitian
ini menggunakan desain kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan studi kasus.
Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian
ini yaitu 5 (lima) informan anak jalanan binaan Yayasan Setara dan 2 (dua) informan kunci dari
pendamping anak jalanan. Teknik pemilihan informan dengan menggunakan purposive sampling.
Adapun sumber data diperoleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Untuk analisis
datanya menggunakan teori Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa (1). Perpustakaan Yayasan
Setara memfasilitasi anak jalanan dengan membawakan buku-buku perpustakaan kepada anak jalanan
agar dimanfaatkan untuk belajar atau meningkatkan minat baca dan kemampuan baca. (2). Yayasan
Setara memberikan pendampingan belajar setelah pulang sekolah sehingga kegiatan anak jalanan bisa
teralihkan untuk belajar dan mengurangi waktu di jalan. Pendampingan belajar tidak hanya mengenai
mata pelajaran sekolah, namun pelajaran seperti musik, kesenian juga anak jalanan dapatkan.

Keywords


perpustakaan; Yayasan Setara; anak jalanan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.