Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

PERANCANGAN MEDIA PROMOSI DALAM BENTUK POSTER DAN BROSUR PERPUSTAKAAN SEKOLAH: KAJI TINDAK PERPUSTAKAAN SMP ISLAM HIDAYATULLAH BANYUMANIK SEMARANG

*Rudy Setiawan  -  Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Jazimatul Husna  -  Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini berjudul Perancangan Media Promosi Dalam Bentuk Poster dan Brosur Perpustakaan Sekolah: Kaji Tindak Perpustakaan SMP Islam Hidayatullah Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses perancangan poster dan brosur. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif. Dengan jenis penelitian kaji tindak yang berpedoman pada buku yang ditulis Judith A. Sykes mengenai penelitian kaji tindak di perpustakaan sekolah. Tahapan dalam penelitian kaji tindak dimulai dari peta pemikira, konteks, isu, sumber daya, tujuan, hasil dan perencanaan, wawancara, pola, kesimpulan dan bibliografi. Tahap tindakan perancangan dibagi menjadi empat yaitu pre research, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahap pre research perancangan media poster dan brosur dimulai dengan mengumpulkan ide dan gagasan. Selanjutnya masuk dalam tahap perencanaan, tahap ini berupa mendesain poster dan brosur dengan software Corel Draw X8. Tahap pelaksanaan berupa desain poster dan brosur di cetak dan sipamerkan di beberapa tiitk sekolah. Terakhir yaitu tahap evaluasi, untuk mengevaluasi desain poster dan brosur tersebut, peneliti mewawancarai beberapa pemustaka, namun sebagian besar dari mereka berpendapat bahwa desain poster dan brosur tersebut sudah bagus dan menarik hanya terdapat masukan kecil. Dari hasil wawancara tersebut peneliti mengambil kesimpulan bahwa tidak perlu merevisi dan mencetak kembali desain poster dan brosur.
Fulltext View|Download
Keywords: Kaji Tindak; Kaji Tindak di Perpustakaan; Perancangan Poster; Perancangan Brosur

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.