ANALISIS GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SMP N 3 SEMARANG

Muliya Asih, Yuli Rohmiyati

Abstract


Penelitian ini berjudul “Analisis Gerakan Literasi Sekolah di SMP N 3 Semarang”. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis gerakan literasi sekolah (GLS) SMP N 3 Semarang dan mengetahui dampak gerakan literasi sekolah
terhadap minat baca siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus.
Teknik pemilihan informan yang digunakan yaitu purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu
observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan kebijakan yang diambil untuk mendukung GLS yaitu menjadikan kegiatan literasi
menjadi program rutin dan wajib siswa, kebebasan penggunaan buku selain buku non pelajaran, dan pemanfaatan
perpustakaan. Hambatan pelaksanaan GLS, yaitu kurangnya motivasi, pemantauan, dan arahan dari guru, keterbatasan
waktu dan koleksi, serta perbedaan minat siswa. GLS menjadi gerakan yang mewujudkan ekosistem yang literat melalui
prinsip literasi sekolah dan strategi budaya literasi yang telah dilaksanakan SMP N 3 Semarang mampu mewujudkan
budaya literasi yang kental di sekolah. GLS mampu mengarahkan sekolah untuk menciptakan iklim yang kondusif bagi
siswa dalam kegiatan literasinya. Kegiatan GLS di SMP N 3 Semarang berdampak pada meningkatnya kebiasaan dan
minat baca siswa. Didukung dengan studi dokumentasi peningkatan pengunjung dan peminjam koleksi perpustakaan
dari bulan Juli sampai bulan Oktober 2016.

Keywords


gerakan literasi sekolah, literasi, minat baca, kebiasaan membaca

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.