PENGARUH PEMANFAATAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PURWOKERTO

Denis Baskoro, Sri Ati

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai “Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan Sekolah Terhadap Prestasi
Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Purwokerto”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui seberapa besar pengaruh pemanfaatan koleksi perpustakaan sekolah terhadap prestasi
belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Purwokerto. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode
penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang
berkunjung ke perpustakaan dari bulan agustus-oktober 2016 sebanyak 172 orang kemudian diverifikasi
menjadi 107 orang. Sampel menggunakan rumus slovin sehingga diambil 85 orang dari populasi. Analisis
data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi linier sederhana, dan analisis Uji t yang
diolah dengan menggunakan bantuan program SPSS 16. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa
pemanfaatan koleksi perpustakaan sekolah berpengaruh terhadap prestasi siswa. Hal ini dibuktikan
dengan nilai koefisien determinasi yang digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara
pemanfaatan koleksi perpustakaan sekolah (X) terhadap prestasi siswa (Y) yang menunjukkan 0,620 yang
artinya pemanfaatan koleksi perpustakaan sekolah mempengaruhi prestasi siswa sebesar 0,620 x 100% =
62.0%, sedangkan sisanya 38,0% dipengaruhi oleh variabel lain, selain pemanfaatan koleksi
perpustakaan sekolah.

Keywords


pemanfaatan koleksi perpustakaan, perpustakaan sekolah, prestasi belajar siswa

Refbacks

  • There are currently no refbacks.