Efektivitas Produk Kemas Ulang Informasi Berupa Infografis Sebagai Media Pembelajaran Mata Pelajaran IPA (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII di SMP N 1 Tembarak Kabupaten Temanggung)

*Ririn Anggraeni  -  Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Mecca Arfa  -  Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: 28 Jan 2017.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 41 251
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai efektivitas produk kemas ulang informasi berupa infografis
sebagai media pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan kemas ulang informasi berupa infografis sebagai
media pembelajaran mata pelajaran IPA siswa kelas VII di SMP N 1 Tembarak. Desain penelitian ini
menggunakan one group pretest posttest design, yaitu penelitian eksperimen yang dilaksanakan pada
satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas
VII SMP N 1 Tembarak. Sampel yang digunakan yaitu 34 siswa dengan pengambilan teknik cluster
random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan pre test dan post test. Analisis data
dilakukan dengan menggunakan statistik parametrik yaitu uji t. Pengambilan keputusan dari hasil
uji t adalah jika probabilitas lebih dari 0,05 maka Ho diterima, Ha ditolak, sebaliknya jika
probabilitas kurang dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian menunjukan bahwa
penggunaan kemas ulang informasi berupa infografis efektif sebagai media pembelajaran mata
pelajaran IPA siswa kelas VII di SMP N 1 Tembarak yang dapat dilihat dari hasil uji signifikansi p =
0,000 yang berarti nilai p < 0,05.
Keywords: kemas ulang informasi, infografis, media pembelajaran, SMP N 1 Tembarak

Article Metrics: