ANALISIS KNOWLEDGE SHARING DALAM ALUR INFORMASI PT. BARATA INDONESIA CABANG TEGAL SEBAGAI STRATEGI COMPETITIVE ADVANTAGE

*Muchammad Hijrianto Gagah Saputra  -  Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Lydia Christiani  -  Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Received: 28 Jan 2019; Published: 28 Jan 2019.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 13 55
Abstract
Pada zaman globalisasi seperti sekarang knowledge sudah menjadi kebutuhan yang penting bagi
manusia. Hal ini membuat manusia mau tidak mau harus mengikuti perkembangan pengetahuan
yang ada. Dengan banyaknya pengetahuan baru yang ada manusia dituntut untuk menguasai
pengetahuan baru untuk menunjang skill mereka dalam dunia kerja. Dalam ruang lingkup
perusahaaan, pengetahuan dan wawasan yang dimiliki oleh setiap sumber daya manusianya
menjadi sangat penting untuk kemajuan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui bagaimana peran knowledge sharing dalam alur informasi di PT. Barata Indonesia
Cabang Tegal dalam memperoleh dan mempertahankan competitive advantage. Metode penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan
pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi serta
wawancara kepada informan yang ditentukan dengan metode purposive sampling. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa alur informasi yang ada di PT. Barata sudah dilakukan, PT.
Barata menggunakan penyebaran berurutan dalam proses alur informasi perusahaan. Upaya
untuk melancarkan alur informasi tersebut dilakukan dengan cara formal maupun informal guna
menyesuaikan dengan karakteristik pegawai dalam ruang lingkup implementasi knowledge
sharing serta alur informasi di PT. Barata yang menjadikan PT. Barata memiliki nilai competitive
advantage.
Keywords: knowledge sharing, alur informasi , competitive advantage, PT. Barata Indonesia

Article Metrics: