slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
PERSEPSI MAHASISWA ILMU PERPUSTKAAN UNIVERSITAS DIPONEGORO ANGKATAN 2012-2014 TERHADAP KEMAMPUAN DAN KEMAUAN MENJADI PUSTAKAWAN IDEAL | Fachri | Jurnal Ilmu Perpustakaan Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

PERSEPSI MAHASISWA ILMU PERPUSTKAAN UNIVERSITAS DIPONEGORO ANGKATAN 2012-2014 TERHADAP KEMAMPUAN DAN KEMAUAN MENJADI PUSTAKAWAN IDEAL

*Muhammad Faisal Fachri  -  Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Yuli Rohmiyati  -  Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Para generasi penerus perpustakaan merupakan aset vital yang dimiliki dunia perpustakaan, dan
penelitian ini akan mengungkap bagaimana keadaan generasi penerus perpustakaan saat ini
dengan menggunakan konsep pustakawan ideal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah
bagaimana persepsi mahasiswa ilmu perpustakaan Universitas Diponegoro angkatan 2012-2014
terhadap kemampuan dan kemauan menjadi pustakawan ideal. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa ilmu perpustakaan terhadap kemampuan dan
kemauan menjadi pustakawan ideal. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif
dengan jenis penelitian deskriptif. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Reduksi data, penyajian data
dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diambil
kesimpulan bahwa, ditemukan pendapat mahasiswa yang merasa pustakawan saat ini belum
mampu disebut pustakawan ideal, menganggap jurusan pustakawan kurang profitable, dan
lulusan ilmu perpustakaan tidak harus menjadi pustakawan tetapi dapat berkarir menjadi
seorang akademisi.
Fulltext View|Download
Keywords: mahasiswa; pustakawan; perpustakaan

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.