slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
STUDI KOMPARATIF KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI SISWA IPA DAN IPS DI SMA NEGERI 1 SEMARANG | Arsyadi | Jurnal Ilmu Perpustakaan Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

STUDI KOMPARATIF KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI SISWA IPA DAN IPS DI SMA NEGERI 1 SEMARANG

*Erika Fahd Arsyadi  -  Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Yanuar Yoga Prasetyawan  -  Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan literasi informasi antara
siswa IPA dan siswa IPS di SMA Negeri 1 Semarang. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Semarang.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dan jenis penelitian komparatif. Populasi dari
penelitian ini adalah kelas XI jurusan IPA dan IPS sebanyak 511 siswa dan sampel yang diambil sebanyak
84 siswa. Dalam penelitian ini menggunakan standar AASL (American Association of School Librarian)
yang ditujukan untuk menilai kemampuan literasi informasi siswa. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah kuesioner. Metode pengolahan data dilakukan dengan penyuntingan data, koding,
tabulasi dan dengan bantuan program SPSS 16.0. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan uji
perbedaan kemampuan literasi informasi dengan uji Independent T-test dan uji normalitas data dengan
menggunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menggunakan uji Independent T-test menunjukan bahwa
kemampuan literasi informasi siswa kelas IPS lebih tinggi dibanding kelas IPA (103.4286 > 99.9714).
Dilihat dari Uji Mann Whitney ditemukan 2 perbedaan indikator, untuk indikator siswa mampu mengakses
informasi secara efektif dan efisien yang menghasikan nilai Z sebesar -2,458 dan nilai Asymp Sig. (2-tailed)
sebesar 0.014 < α = 0.05 dan untuk indikator siswa mandiri harus mampu mengolah informasi dan
mengapresiasi karya dan informasi kreatif lainnya menghasikan nilai Z sebesar -2,063 dan nilai Asymp Sig.
(2-tailed) sebesar 0.039 < α = 0.05. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa H0: ditolak, yang berarti
terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan literasi informasi antara siswa IPA dan IPS di
SMA Negeri 1 Semarang.
Fulltext View|Download
Keywords: Literasi Informasi, Net Generation, Studi Komparatif

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.