slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
Pemanfaatan Akun Facebook Perpustakaan Daerah dan Arsip Kota Salatiga Sebagai Upaya Membangun Citra Perpustakaan | Priyatmojo | Jurnal Ilmu Perpustakaan Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Pemanfaatan Akun Facebook Perpustakaan Daerah dan Arsip Kota Salatiga Sebagai Upaya Membangun Citra Perpustakaan

*Dhimas Aji Priyatmojo  -  Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Amin Taufiq Kurniawan  -  Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pemanfaatan Akun Facebook Perpustakaan Daerah dan Arsip Kota Salatiga
Sebagai Upaya Membangun Citra Perpustakaan”. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui strategi
promosi perpustakaan melalui Facebook dalam upaya membangun citra perpustakaan di Perpustakaan
Daerah dan Arsip Kota Salatiga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu
observasi, wawancara, dan studi dokumen. Informan yang terlibat sebanyak tujuh orang. Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa adanya strategi promosi yang telah dilakukan oleh Persipda Salatiga adalah berupa
kegiatan-kegiatan penyebaran brosur, posting quote dan kalimat persuasif di facebook, ajakan Nonton
Bareng Film, siaran TV Persipda, perpustakaan keliling, pemberian stiker, pemberian hadiah buku kepada
pemustaka tertentu, bazar buku, meet and greet kepenulisan buku, bekerjasama dengan Institut Ibu
Profesional Salatiga mengadakan seminar parenting, bedah buku, dan seminar literasi. Semua informasi
kegiatan promosi tersebut di atas terintegrasi dan tertuang menjadi satu dalam timeline facebook Persipda
Salatiga. Facebook dapat membantu mengoptimalkan kegiatan promosi Persipda terkait informasi dan
kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Persipda. Sifat facebook yang selalu update setiap saat sangat
mendukung untuk sarana promosi Persipda masa kini dan juga meningkatkan citra perpustakaan tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan posting kegiatan promosi Persipda yang mendapatkan respon positif dari
masyarakat. Respon positif tersebut terlihat dari komentar-komentar masyarakat dalam setiap postingan di
timeline facebook Persipda. Artinya upaya Persipda untuk membangun citra positif di masyarakat telah
berhasil.
Fulltext View|Download
Keywords: Facebook, Strategi Promosi Perpustakaan, Citra Perpustakaan, Persipda Salatiga

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.