ANALISIS PERPUSTAKAAN SEKOLAH BERDASARKAN STANDAR PENYELENGGARAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DARI PERPUSTAKAAN NASIONAL (Studi Kasus di SMPN 1 Ungaran)

*Anindhita Widya Apsari  -  Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Amin Taufiq Kurniawan  -  Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Hermintoyo Hermintoyo  -  Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro
Published: 28 Jan 2017.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: EN
Statistics: 14 519
Abstract
Penelitian ini membahas tentang penerapan standar penyelenggaraan perpustakaan sekolah dari
perpustakaan nasional di perpustakaan SMPN 1 Ungaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui kesesuaian koleksi, sumber daya manusia, dan layanan perpustakaan sekolah di SMPN 1
Ungaran dengan standar dari perpustakaan nasional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah perpustakaan
SMPN 1 Ungaran. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan pustakawan, sedangkan
guru dan siswa yang merupakan pemustaka berperan sebagai triangulasi. Metode pengumpulan data
melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa standar
penyelenggaraan Perpustakaan Nasional pada SMPN 1 Ungaran Kabupaten Semarang berdasarkan
item koleksi “belum memenuhi standar” karena masih ada yang kurang yakni tentang audio visual, dan
baru terealisasi 1 majalah (Panjebar Semangat) yang dilanggan, sedangkan berdasarkan item sumber
daya manusia “belum memenuhi standar” karena baru mempunyai satu pustakawan yang mengampu 8
rombongan belajar, dan gaji masih mengikuti anggaran BOS bukan UMR, dan berdasarkan item
Pelayanan juga “belum memenuhi standar”.
Keywords: Standar Nasional Perpustakaan, Perpustakaan Sekolah, Koleks, Sumber Daya Manusia, Layanan

Article Metrics: