Kepuasan Pemustaka Terhadap Mahasiswa Magang Pada Layanan Sirkulasi Di Perpustakaan Universitas Muria Kudus Berdasarkan Dimensi Affect Of Service Pada Metode Libqual+TM

Tika Prihastanti, Jazimatul Husna

Abstract


Mahasiswa magang menjadi salah satu tenaga perpustakaan yang digunakan di Perpustakaan
Universitas Muria Kudus. Dari beberapa wawancara awal kepada pemustaka, ditemukan bahwa
pemustaka merasa mahasiswa magang dalam melayani masih belum menunjukan sikap yang ramah
saat melayani dan tidak mengetahui tentang sistem tata letak koleksi perpustakaan. Penelitian ini
dilakukan untuk mengetahui seberapa besar kepuasan pemustaka terhadap mahasiswa magang di
layanan sirkulasi.Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif. Metode analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu metode Libqual+TM (Library Service Quality). Dari metode tersebut diambil
satu dimensi yaitu Affect of Service yang menilai tentang sikap dan kemampuan mahasiswa magang
dalam melayani pemustaka di layanan sirkulasi. Metode Libqual+TM yang diciptakan oleh Collen
Cook, Fread Head, Brucs Thomson yang terinspriasi dari metode ServQual (Service Quality). Metode
Libqual ini dibuat sebagai salah satu metode khusus untuk mengetahui, memetakan dan betindak atas
dasar opini pemustaka terhadap layanan.Hasil dari penelitian ini menunjukan kepuasan pemustaka
terhadap mahasiswa magang berdasarkan pada AG (Aquacy Gap) mendapatkannilai 0,315338, yang
artinya kualitas mahasiswa magang tergolong hanya memenuhi harapan minimum pemustaka dan
belum melebihi harapan dari pemustaka. Berdasarkan SG (Superiority Gap) mendapatkan nilai -
0,60878, yang artinya mahasiswa magang berada di Zone of tolerance atau batas toleransi yang
juga dilihat empati, ketanggapan, jaminan dan keandalan.

Keywords


metodeLibqual+TM, kepuasan kinerja, layanan sirkulasi, mahasiswa magang

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.