PENGARUH PEMBERIAN REWARD PADA POLA PEMBINAAN MINAT BACA PEMAKAI di TAMAN BACA MASYARAKAT LENTERA HATI DESA SUKOMANGLI KECAMATAN REBAN KABUPATEN BATANG

*Lutfatul Latifah Eka Putri  -  Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, India
Slamet Subekti  -  Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: 28 Jan 2017.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 42 163
Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Pemberian Reward Pada Pola Pembinaan Minat Baca Pemakai di Taman Baca Masyarakat Lentera Hati Desa Sukomangli Kecamatan Reban Kabupaten Batang”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa dampaknya pemberian reward pada pola pembinaan minat baca pemustaka TBM Lentera Hati desa Sukomangli Kecamatan Reban Kabupaten Batang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keberadaan taman baca masyarakat sangat berperan bagi masyarakat desa Sukomangli. Masyarakat antusias mengikuti setiap kegiatan yang dilakukakan disana. Kegiatan yang sangat berpengaruh penting untuk kemajuan Taman Baca Masyarakat, dan diminati oleh banyak pemustaka yaitu dengan adanya kegiatan pemberian reward. Kegiatan pemberian reward ini sangat berperan dalam meningkatkan minat baca masyarakat Desa Sukomangli. Setelah dilakukannya kegiatan pemberian reward tersebut, tanggapan masyarakat lebih antusias untuk datang dan memanfaatkan taman baca masyarakat Lentera Hati. Kegiatan yang dilakukan di Taman Baca Masyarakat Lentera Hati ini belum sepenuhnya mendapatkan dukungan dan bantuan dari pihak-pihak terkait, kegiatan yang dilakukan masih kurang maksimal. Diharapkan kegiatan pemberian reward ini dapat dilakukan secara terus-menerus dan berkelanjutan.

Keywords: Pemberian Reward, Pola Pembinaan Minat Baca Pemakai, Taman Baca Masyarakat Lentera Hati

Article Metrics: