ANALISIS AKSESIBILITAS GEDUNG PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA OLEH MAHASISWA DIFABEL

Danisa Arumsari, Ika Krismayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis aksesibilitas difabel pada gedung perpustakaan
Universitas Brawijaya bagi mahasiswa difabel. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
desain penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pemilihan informan yang
digunakan yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara,
dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahun 2012 Universitas Brawijaya telah
membuka peluang bagi mahasiswa difabel untuk dapat menempuh pendidikan pada perguruan tinggi.
Penerimaan mahasiswa difabel dari tahun ke tahun selalu meningkat, pada tahun 2017 ini Universitas
Brawijaya menerima 32 orang, dan dengan bertambahnya mahasiswa difabel, Universitas Brawijaya perlu
untuk mempersiapkan segala fasilitas, sarana dan prasarana yang sesuai standar kebutuhan mereka, seperti
membangun aksesibilitas yang dapat memudahkan mahasiswa disabilitas dapat bebas bergerak. Pembangunan
aksesibilitas termasuk juga untuk gedung perpustakaan. Aksesibilitas yang berada pada gedung perpustakaan
Universitas Brawijaya saat ini secara keseluruhan telah disediakan dengan baik. Penerapan aksesibilitas pada
gedung perpustakaan Universitas Brawijaya adalah ramp, toilet, pintu utama, area parkir.

Keywords


aksesibilitas gedung perpustakaan; difabel; Universitas Brawijaya, perpustakaan perguruan tinggi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.