EFEKTIVITAS METODE CERAMAH PADA LAYANAN PENDIDIKAN PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN DAERAH PROVINSI JAWA TENGAH

*Zulfikar Zulfikar  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro,, Indonesia
Joko Wasisto  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro,, Indonesia
Published: 20 Aug 2018.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 48 38
Abstract
Penelitian ini berjudul “Efektivitas Metode Ceramah Pada Layanan Pendidikan
Pemustaka di Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah”. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui seberapa besar efektivitas metode ceramah pada layanan pendidikan
pemustaka di Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah. Desain yang digunakan pada
penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu
peserta layanan pendidikan pemustaka di Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik purposive sampling.
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner beserta alat ukur jawaban
dengan skala Likert dan studi dokumentasi. Jumlah sampel yang ditentukan adalah 135
responden. Berdasarkan hasil penelitian, dijabarkan dalam bentuk tabel frekuensi dan persentase
kemudian dianalisis dalam bentuk penafsiran dengan kalimat yang mengandung simpulan
penelitian. Dalam indikator Media Pembelajaran memiliki nilai skor rata-rata keseluruhan
sebesar 3,79, selain itu indikator Isi Pokok Materi memiliki nilai skor rata-rata keseluruhan
sebesar 3,72, berikutnya indikator Pemberi Materi memiliki nilai skor rata-rata keseluruhan
sebesar 3,72, dan terakhir indikator Strategi Metode Ceramah memiliki nilai skor rata-rata
keseluruhan sebesar 3,74. Secara umum dapat disimpulkan bahwa metode ceramah pada layanan
pendidikan pemustaka di Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah sudah efektif dan sesuai
dengan keinginan pengguna dengan memperoleh skor rata-rata keseluruhan indikator 3,75 yang
termasuk dalam kategori baik.
Keywords: pendidikan pemustaka; metode ceramah; perpustakaan daera

Article Metrics: