PEMANFAATAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN LEMBAGA PEMASYARAKATAN ANAK KELAS I KUTOARJO DALAM PROSES PEMBINAAN ANAK BINAAN

*Muhamad Alip Firmansyah  -  Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro,, Indonesia
Jumino Jumino  -  Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro,, Indonesia
Published: 19 Apr 2018.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 26 183
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan koleksi perpustaakan di
dalam proses pembinaan anak binaan di Lembaga Pemasyarakatan Anak Kelas 1 Kutoarjo. Metode yang
digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan opservasi,
wawancara dan dokumentasi. Sedangkan pengolahan data dan analisis meliputi: reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa perpustakaan lembaga
pemasyarakatan anak kelas 1 Kutoarjo sudah melakukan pemanfaatan koleksi. Koleksi perpustakaan
dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan informasi anak binaan. Koleksi yang disediakan sudah
mencukupi. Berdasarkan pendapat anak binaan mengenai alasan mereka memanfaatkan koleksi
perpustakaan menambah pengetahuan, hiburan, mengisi waktu luang. Secara garis besar beberapa
kendala yang dihadapi anak binaan dalam memanfaatan koleksi perpustakaan adalah kurangannya
petugas ahli perpustakaan, jadwal kunjung perpustakaan, dan sarana pendukung pemanfaatan koleksi
yang menyebabkan pemanfaatan koleksi belum dilakukan dengan maksimal.
Keywords: pemanfaatan, koleksi, Perpustakaan Lembaga Pemasyarakatan Anak Kelas 1 Kutoarjo

Article Metrics: