Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

PENGARUH KERJASAMA LAYANAN TERPADU PERPUSTAKAAN SEKOLAH (LTPS) TERHADAP LAYANAN SIRKULASI DI SMP NEGERI 39 SEMARANG

*Tiara Nur Amalia  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro,, Indonesia
Sri Ati Suwanto  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro,, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kerjasama layanan terpadu
perpustakaan sekolah (LTPS) terhadap layanan sirkulasi di SMP Negeri 39 Semarang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan menggunakan
pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota perpustakaan SMP
Negeri 39 Semarang yakni berjumlah 844 dan sampel yang digunakan berjumlah 90
responden. Teknik yang digunakan peneliti dalam pengambilan sampel menggunakan
random sampling. Metode analisis data dilakukan melalui uji validitas, uji reliabilitas,
regresi linear sederhana dan uji t. Berdasarkan analisis deskriptif sebagian besar responden
menyatakan bahwa dengan adanya kerjasama Layanan Terpadu Perpustakaan Sekolah
berpengaruh terhadap layanan sirkulasi di SMP Negeri 39 Semarang sehingga meningkatkan
layanan sirkulasi dalam penambahan bahan pustaka yang mampu memenuhi kebutuhan
siswa SMP Negeri 39 Semarang. Hasil dari uji t sebesar 2,441, sedangkan nilai t tabel
sebesar 1,987. Karena thitung = 2,441> ttabel = 1,987, maka keputusannya H0 ditolak dan H1
diterima. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh antara Layanan Terpadu Perpustakaan
Sekolah (X) terhadap Layanan Sirkulasi (Y) di Perpustakaan SMP Negeri 39 Semarang.
Fulltext View|Download
Keywords: layanan terpadu perpustakaan sekolah; layanan sirkulasi; kerjasama perpustakaan

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.