Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Analisis Kegiatan Outing sebagai Media Promosi di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Warung Pasinaon Kecamatan Bergas Kabuaten Semarang

*Rindang Rizky Rahayu  -  Program Studi S-1 lmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro Jl. Prof. Soedarto,, Indonesia
Rizki Nurislaminingsih  -  Program Studi S-1 lmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro Jl. Prof. Soedarto,, Indonesia

Citation Format:
Abstract
ujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektif tidaknya media promosi (kegiatan outing) sebagai
salah satu bentuk promosi yang dilakukan Taman Bacaan Masyarakat Warung Pasinaon. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Metode pengumpulan
data yang dilakukan yaitu menggunakan kuesioner dan observasi. Teknik pengumpulan data yang
dilakukan yaiut kuesioner dengan pertanyaan tertutup dan observasi partisipatif moderat. Sampel dalam
penelitian ini berjumlah 58 orang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik
deskriptif dengan menggunakan distribusi frekuensi dan analisis koefisien korelasi Spearman. Hasil analisis yang
dilakukan dengan koefisien korelasi Spearman adalah 0,616 dengan pengujian hipotesis nilai sig hitung adalah
0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima.Dengan analisis data yang telah dilakukan, dapat
disimpulkan bahwa media promosi (kegiatan outing) yang digunakan efektif sebagai salah satu bentuk
promosi yang dilakukan TBM Warung Pasinaon Kabupaten Semarang. Hal ini dibuktikan dengan hasil
analisis koefisien korelasi Spearman yang berjumlah 0, 616 atau 61,1% yang berarti memiliki hubungan
yang cukup atau sedang.
Fulltext View|Download
Keywords: Efektifitas Promosi; Kegiatan Outing; Media Promosi; Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Warung Pasinaon

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.