ANALISIS AKSESIBILITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA BAGI SISWA DISABILITAS

Supriyatna Supriyatna, Athanasia O.P Dewi

Abstract


Penelitian ini berjudul “Analisis Aksesibilitas Layanan Perpustakaan Sekolah Luar Biasa
Negeri Pembina Yogyakarta bagi Siswa Disabilitas”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui aksesibilitas layanan perpustakaan di Sekolah Luar Biasa Negeri Pembina
Yogyakarta bagi Siswa Disabilitas. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif
dengan jenis penelitian deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah di
Sekolah Luar biasa Negeri Pembina Yogyakarta, satu orang Koordinator Perpustakaan
Sekolah Luar Biasa Negeri Pembina Yogyakarta, Tiga orang guru dan dua orang siswa
disabilitas di Sekolah Luar Biasa Negeri Pembina Yogyakarta.Teknik pengumpulan data
yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumentasi dengan teknik analisis
data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu meliputi reduksi data, penyajian data,
dan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian mengenai aksesibilitas layanan
perpustakaan Sekolah Luar Biasa Negeri Pembina Yogyakarta bagi siswa disabilitas adalah,
terdapat area parkir yang luas dan dekat dengan ruang perpustakaan, area depan dan pintu
masuk ke perpustakaan memiliki ukuran yang dapat dilalui oleh pengguna kursi roda,
terdapat dua jenis meja baca, staf perpustakaan dilatih untuk membantu pemustaka dalam
keadaan darurat, pintu dan ruang toilet yang luas serta menggunakan toilet duduk sehingga
dapat digunakan oleh pengguna kursi roda, memiliki beberapa jenis koleksi seperti buku
cerita dengan ilustrasi gambar, buku Braille, koleksi dengan format video, buku elektronik,
buku pop up, memberikan layanan khusus bagi siswa disabilitas yaitu jadwal literasi, lombalomba, pojok baca, menjalin kerjasama dengan Perpustakan Daerah Provinsi Yogyakarta,
Dinas Pendidikan dan Penerbit.

Keywords


aksesibilitas layanan perpustakaan; perpustakaan sekolah luar biasa; siswa disabilitas

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.