STRATEGI KOMUNIKASI SEBAGAI SARANA PROMOSI DALAM PENYEBARLUASAN INFORMASI TENTANG PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH KOTA SALATIGA

*Jelita Maulida  -  Universitas Diponegoro
Rizki Nurislaminingsih  -  Universitas Diponegoro
Published: 2 Oct 2016.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi sebagai sarana promosi dalam penyebarluasan informasi tentang koleksi, layanan, fasilitas, dan manfaat yang didapatkan saat berkunjung ke Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Salatiga, serta mengetahui hasil promosi yang dilakukan oleh Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Salatiga. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif naratif, untuk teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, e-observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa strategi komunikasi sebagai sarana promosi yang dilakukan oleh Persipda Kota Salatiga dalam penyebarluasan informasi yaitu, penyebarluasan melalui media internet (aplikasi Salatiga Mobile Library, web, facebook, dan instagram), penyebarluasan melalui media tercetak (poster, brosur, dan pamflet) serta melalui media massa radio. Melalui strategi -strategi tersebut dilakukan pemilihan komunikator, pemilihan pesan, penentuan sasaran, dan perkiraan efek yang ditimbulkan (respon dari pesan yang ditimbulkan). Hasil promosi berdampak afektif yang kemudian menggerakkan pemustaka untuk pergi ke perpustakaan.

Keywords: Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Salatiga, penyebarluasan informasi, promosi, strategi komunikasi.

Article Metrics: