KEPUASAN PENGGUNA ARSIP STATIS ATAS KINERJA ARSIPARIS BIDANG LAYANAN DI BADAN ARSIP DAN PERPUSTAKAAN PROVINSI JAWA TENGAH

*Kanza Muthia  -  Universitas Diponegoro
Rizki Nurislaminingsih  -  Universitas Diponegoro
Published: 2 Jan 2016.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 106 121
Abstract

Penelitian ini berjudul “Kepuasan Pengguna Arsip Statis atas Kinerja Arsiparis Bidang Layanan di Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah”.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat kepuasan pengguna arsip statis atas kinerja yang diberikan oleh arsiparis bidang layanan di Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei eksplanatori. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna arsip statis Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Sampel yang digunakan yaitu 43 pengguna dengan pengambilan teknik sampel Proportional Random Sampling. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu kinerja arsiparis dan kepuasan pengguna. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sebagai data primer, wawancara dan studi kepustakaan sebagai data pendukung. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis deskriptif kuantitatif diketahui bahwa tingkat Kinerja Arsiparis yaitu Baik terlihat dari nilainya sebesar 4,14, beberapa indikator kinerja arsiparis yang harus ditingkatkan yaitu kecepatan pelayanan, kewajaran biaya pelayanan, kejelasan arsiparis, dan kesungguhan arsiparis. Tingkat Kepuasan pengguna yaitu Puas terlihat dari nilainya sebesar 4,06, beberapa indikator kepuasan pengguna yang harus diperbaiki yaitu jenis layanan, empati, dan biaya. Pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis korelasi Spearman. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat hubungan yang positif (0,506) dan signifikan (0,000) antara kepuasan pengguna arsip statis dengan kinerja arsiparis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima karena nilai signifikansi < 0,05.

Keywords: kepuasan pengguna, arsip statis, kinerja arsiparis

Article Metrics: