BibTex Citation Data :
@article{JIP15325, author = {Kanza Muthia and Rizki Nurislaminingsih}, title = {KEPUASAN PENGGUNA ARSIP STATIS ATAS KINERJA ARSIPARIS BIDANG LAYANAN DI BADAN ARSIP DAN PERPUSTAKAAN PROVINSI JAWA TENGAH}, journal = {Jurnal Ilmu Perpustakaan}, volume = {5}, number = {1}, year = {2016}, keywords = {kepuasan pengguna, arsip statis, kinerja arsiparis}, abstract = { Penelitian ini berjudul “ Kepuasan Pengguna Arsip Statis atas Kinerja Arsiparis Bidang Layanan di Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah”.Tujuan da r i penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat kepuasan pengguna arsip statis atas kinerja yang diberikan oleh arsiparis bidang layanan di Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah . Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei eksplanatori . Populasi pada penelitian ini adalah pengguna arsip statis Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Sampel yang digunakan yaitu 43 pengguna dengan pengambilan teknik sampel Proportional Random Sampling . Variabel yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu kinerja arsiparis dan kepuasan pengguna. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sebagai data primer, wawancara dan studi kepustakaan sebagai data pendukung. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis deskriptif kuantitatif diketahui bahwa tingkat Kinerja Arsiparis yaitu Baik terlihat dari nilainya sebesar 4,14, beberapa indikator kinerja arsiparis yang harus ditingkatkan yaitu kecepatan pelayanan, kewajaran biaya pelayanan, kejelasan arsiparis, dan kesungguhan arsiparis. Tingkat Kepuasan pengguna yaitu Puas terlihat dari nilainya sebesar 4,06, beberapa indikator kepuasan pengguna yang harus diperbaiki yaitu jenis layanan, empati, dan biaya. Pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis korelasi Spearman. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat hubungan yang positif (0,506) dan signifikan (0,000) antara kepuasan pengguna arsip statis dengan kinerja arsiparis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima karena nilai signifikansi < 0,05. }, issn = {97980000000}, pages = {331--340} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/15325} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini berjudul “Kepuasan Pengguna Arsip Statis atas Kinerja Arsiparis Bidang Layanan di Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah”.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat kepuasan pengguna arsip statis atas kinerja yang diberikan oleh arsiparis bidang layanan di Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei eksplanatori. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna arsip statis Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Sampel yang digunakan yaitu 43 pengguna dengan pengambilan teknik sampel Proportional Random Sampling. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu kinerja arsiparis dan kepuasan pengguna. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sebagai data primer, wawancara dan studi kepustakaan sebagai data pendukung. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis deskriptif kuantitatif diketahui bahwa tingkat Kinerja Arsiparis yaitu Baik terlihat dari nilainya sebesar 4,14, beberapa indikator kinerja arsiparis yang harus ditingkatkan yaitu kecepatan pelayanan, kewajaran biaya pelayanan, kejelasan arsiparis, dan kesungguhan arsiparis. Tingkat Kepuasan pengguna yaitu Puas terlihat dari nilainya sebesar 4,06, beberapa indikator kepuasan pengguna yang harus diperbaiki yaitu jenis layanan, empati, dan biaya. Pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis korelasi Spearman. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat hubungan yang positif (0,506) dan signifikan (0,000) antara kepuasan pengguna arsip statis dengan kinerja arsiparis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima karena nilai signifikansi < 0,05.
Last update: