BibTex Citation Data :
@article{JIP15324, author = {Anindya Jurnalista and Hermintoyo Hermintoyo}, title = {LAYANAN GEROBAK BUKU SEBAGAI SARANA REKREATIF BAGI PEMUSTAKA PERPUSTAKAAN BANK INDONESIA SEMARANG}, journal = {Jurnal Ilmu Perpustakaan}, volume = {5}, number = {1}, year = {2016}, keywords = {sarana rekreatif perpustakaan, perpustakaan khusus, layanan gerobak buku}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan layanan gerobak buku dapat dijadikan sebagai sarana rekreatif dengan menyediakan koleksi yang bersifat rekreatif dan dapat dimanfaatkan oleh karyawan untuk memenuhi kebutuhan rekreasinya. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan studi kasus. Informan dalam penelitian ini adalah lima karyawan Bank Indonesia Semarang dan seorang pustakawan Perpustakaan Bank Indonesia Semarang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan gerobak buku ini dapat dijadikan sebagai sarana rekreatif karena menyediakan koleksi yang bersifat rekreatif dari koleksi umum yang telah dipilih oleh pustakawan sesuai subyeknya. Tujuannya agar pemustaka yang memanfaatkan layanan gerobak buku ini dapat menyegarkan pikiran dari rutinitas bekerja dengan membaca buku bacaan ringan yang bersifat rekreatif. Karyawan dapat meminjam buku-buku yang tersedia di layanan gerobak buku untuk dibaca di waktu luang mereka. Sesuai dengan kebutuhan informasi yang mereka inginkan masing-masing untuk rekreatif. Layanan gerobak buku selain sebagai sarana rekreatif juga dapat untuk memfasilitasi karyawan yang ingin memanfaatkan koleksi tanpa harus datang ke perpustakaan. }, issn = {97980000000}, pages = {321--330} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/15324} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan layanan gerobak buku dapat dijadikan sebagai sarana rekreatif dengan menyediakan koleksi yang bersifat rekreatif dan dapat dimanfaatkan oleh karyawan untuk memenuhi kebutuhan rekreasinya. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan studi kasus. Informan dalam penelitian ini adalah lima karyawan Bank Indonesia Semarang dan seorang pustakawan Perpustakaan Bank Indonesia Semarang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan gerobak buku ini dapat dijadikan sebagai sarana rekreatif karena menyediakan koleksi yang bersifat rekreatif dari koleksi umum yang telah dipilih oleh pustakawan sesuai subyeknya. Tujuannya agar pemustaka yang memanfaatkan layanan gerobak buku ini dapat menyegarkan pikiran dari rutinitas bekerja dengan membaca buku bacaan ringan yang bersifat rekreatif. Karyawan dapat meminjam buku-buku yang tersedia di layanan gerobak buku untuk dibaca di waktu luang mereka. Sesuai dengan kebutuhan informasi yang mereka inginkan masing-masing untuk rekreatif. Layanan gerobak buku selain sebagai sarana rekreatif juga dapat untuk memfasilitasi karyawan yang ingin memanfaatkan koleksi tanpa harus datang ke perpustakaan.
Last update: