Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

PERANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI BAHASA INDONESIA DENGAN PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE (Studi Eksperimental SD Negeri Selapura 02 Tegal)

*Ario Adi Prakoso  -  Universitas Diponegoro
Amin Taufiq Kurniawan  -  Universitas Diponegoro

Citation Format:
Abstract

Penelitian dengan menggunakan metode whole language di perpustakaan sekolah  bertujan untuk mengetahui Peranan Perpustakaan Sekolah dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Bahasa Indonesia dengan  Pendekatan Whole Language. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan metode eksperimental desain faktorial 2x2. Pada penelitian ini terdapat 35 responden yang terdiri 4 kelompok uji dan 1 kelompok kontrol.  Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan melakukan observasi, kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat peranan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan pemahaman materi bahasa indonesia dengan  pendekatan whole language. Hal tersebut terbukti karena telah tejadi signifikan pada penelitian ini. Dari hasil uji hipotesis didapatkan thitung pada A1B1 = 4.33861, A2B1 = 5.39796, A1B2 = 3.99292, dan A2B2 = 4.03786. dengan ttabel = 2.570582. H0 ditolak jika   Maka dapat diketahui bahwa thitung > ttabel, berarti hipotesis pada penelitian ini diterima. Hal itu membuktikan bahwa adanya penerapan whole language menciptakan suasana baru yang menyenangkan bagi siswa karena pembelajaran ini bisa digunakan dengan bantuan media buku atau video. Tentunya peran perpustakaan sekolah juga sangat penting sekali dalam kegiatan pembelajaran tersebut, layanan referensi dan sirkulasi dapat digunakan siswa untuk belajar, karena perpustakaan sekolah dan whole language saling berkaitan. Sehingga dengan adanya kegiatan tersebut akan membuat siswa dapat memahami materi bahasa indonesia dengan baik.

Fulltext
Keywords: Perpustakaan Sekolah, Whole language, Referensi, Sirkulasi, Video, Buku, Materi Bahasa Indonesia.

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.