BibTex Citation Data :
@article{JIP15298, author = {Ainun Hapsari and Lydia Christiani}, title = {KOMPETENSI KETERAMPILAN INTERPERSONAL PUSTAKAWAN KANTOR ARSIP DAN PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN WONOSOBO}, journal = {Jurnal Ilmu Perpustakaan}, volume = {5}, number = {1}, year = {2016}, keywords = {kompetensi pustakawan; keterampilan interpersonal; pustakawan}, abstract = { Pustakawan sebagai ujung tombak dalam mengelola dan melayani pemustaka di perpustakaan yang dituntut mempunyai keterampilan interpersonal dalam meningkatkan kompetensi pustakawan saat berinteraksi dengan pemustaka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi keterampilan interpersonal pustakawan saat berinteraksi dengan pemustaka di Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Wonosobo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi dan wawancara terstruktur dan studi dokumentasi kepada informan dengan teknik pemilihan informan yang dilakukan melalui metode purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pustakawan saat berinteraksi belum dikuasai dengan baik oleh pustakawan. Kendala yang dihadapi yaitu karena kurang adanya dukungan dari pihak perpustakaan mengenai standart operasional peraturan dalam aspek salam senyum sapa. Kriteria keterampilan interpersonal pustakawan Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Wonosobo memenuhi sepuluh kriteria yaitu kemampuan komunikasi dan advokasi, kemampuan perubahan manajemen, kemampuan pengambilan keputusan, kemampuan pemecahan masalah, kemampuan inisiatif, kemampuan inovasi, kemampuan pemasaran, kemampuan mentoring, kemampuan menulis dan kemampuan presentasi sedangkan kriteria keterampilan interpersonal pustakawan yang perlu adanya peningkatan keterampilannya yaitu dalam kemampuan adaptasi, negosiasi dan kemampuan kolaborasi pustakawan agar menjadi pustakawan berkompeten yang mampu menyajikan pelayanan prima untuk pemustaka. }, issn = {97980000000}, pages = {161--170} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/15298} }
Refworks Citation Data :
Pustakawan sebagai ujung tombak dalam mengelola dan melayani pemustaka di perpustakaan yang dituntut mempunyai keterampilan interpersonal dalam meningkatkan kompetensi pustakawan saat berinteraksi dengan pemustaka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi keterampilan interpersonal pustakawan saat berinteraksi dengan pemustaka di Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Wonosobo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi dan wawancara terstruktur dan studi dokumentasi kepada informan dengan teknik pemilihan informan yang dilakukan melalui metode purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pustakawan saat berinteraksi belum dikuasai dengan baik oleh pustakawan. Kendala yang dihadapi yaitu karena kurang adanya dukungan dari pihak perpustakaan mengenai standart operasional peraturan dalam aspek salam senyum sapa. Kriteria keterampilan interpersonal pustakawan Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Wonosobo memenuhi sepuluh kriteria yaitu kemampuan komunikasi dan advokasi, kemampuan perubahan manajemen, kemampuan pengambilan keputusan, kemampuan pemecahan masalah, kemampuan inisiatif, kemampuan inovasi, kemampuan pemasaran, kemampuan mentoring, kemampuan menulis dan kemampuan presentasi sedangkan kriteria keterampilan interpersonal pustakawan yang perlu adanya peningkatan keterampilannya yaitu dalam kemampuan adaptasi, negosiasi dan kemampuan kolaborasi pustakawan agar menjadi pustakawan berkompeten yang mampu menyajikan pelayanan prima untuk pemustaka.
Last update: