Jurnal Ilmu Perpustakaan
BibTex Citation Data :
@article{JIP15284, author = {Linda Fatimah and Rizki Nurislaminingsih}, title = {KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI PADA SISWA DISTANCE LEARNING PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) ANUGRAH BANGSA SEMARANG}, journal = {Jurnal Ilmu Perpustakaan}, volume = {5}, number = {2}, year = {2016}, keywords = {literasi informasi;AASL;homeschooling}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi pada siswa distance learning di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Anugrah Bangsa Semarang. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian naratif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi informasi mereka sebagian besar belum memenuhi standar yang ditetapkan oleh American Association of School Librarian (AASL). Tingkat pemahaman para siswa sangat beragam. Mereka menggunakan kata kunci saat proses pencarian di internet. Mereka memilih blog sebagai sumber informasi. Para siswa sudah teliti memilih informasi yang dibutuhkannya. Mereka mampu mengaplikasikan informasi secara praktis dengan cara menyimpannya serta mengkomunikasikan informasi yang didapat dengan menceritakan kepada orang lain. Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa mampu mengakses informasi secara efisien namun siswa kurang efektif dalam menentukan sumber informasi. Siswa mampu mengevaluasi secara kritis, namun belum kompeten dalam memilih informasi. Siswa juga belum mampu menggunakan informasi secara akurat. Siswa kreatif, karena telah menjabarkan kembali informasi dengan pemikirannya sendiri . }, issn = {97980000000}, pages = {211--220} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/15284} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi pada siswa distance learning di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Anugrah Bangsa Semarang. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian naratif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi informasi mereka sebagian besar belum memenuhi standar yang ditetapkan oleh American Association of School Librarian (AASL). Tingkat pemahaman para siswa sangat beragam. Mereka menggunakan kata kunci saat proses pencarian di internet. Mereka memilih blog sebagai sumber informasi. Para siswa sudah teliti memilih informasi yang dibutuhkannya. Mereka mampu mengaplikasikan informasi secara praktis dengan cara menyimpannya serta mengkomunikasikan informasi yang didapat dengan menceritakan kepada orang lain. Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa mampu mengakses informasi secara efisien namun siswa kurang efektif dalam menentukan sumber informasi. Siswa mampu mengevaluasi secara kritis, namun belum kompeten dalam memilih informasi. Siswa juga belum mampu menggunakan informasi secara akurat. Siswa kreatif, karena telah menjabarkan kembali informasi dengan pemikirannya sendiri.
Last update: