KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI GURU SMP NEGERI 2 DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL DALAM MEMBUAT PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Ade Aulia Rizki, Ika Krismayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi informasi guru SMP N 2 Dukuhturi Kabupaten Tegal dalam membuat penelitian tindakan kelas dengan menggunakan tiga aspek yaitu akses, evaluasi, dan penggunaan sesuai teori yang diterbitkan oleh International Federation of Library Association and Institutions. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkanbahwa Guru SMP N 2 Dukuhturi Tegal telah melakukan kegiatan literasi informasi. Gurumengakses informasi dengan cara mendefinisikan kebutuhan informasi mereka dan juga mengetahui kemana mereka harus pergi untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan. Guru mengevaluasi informasi yang mereka peroleh dengan menilai isiinformasi tersebut lalumemilih informasi untuk mereka gunakan membuat Penelitian tindakan kelas. Guru menggunakan informasi dari hasil bimbingan bersama koordinator wilayah, buku panduan pembuatan Penelitian tindakan kelas, literatur yang memuat teori pendidikan dan pengajaran sekolah menengah pertama dan buku penelitian mereka. Pada aspek penggunaan informasi, guru telah menggunakan informasi menjadi sebuah karya ilmiah yaitu penelitian tindakan kelas dan mereka membagikan informasi yang mereka dapatkan kepada guru-guru lain di SMP N 2 Dukuhturi Tegal. Namun hanya menggunakan internet sebatas sosial media untuk berbagi informasi kepada teman guru di sekolah yang sama, mereka tidak menggunakan semacam diskusi online dengan guru disekolah lain untuk mendapatkan informasi.


Keywords


literasi informasi, guru, pendidikan, penelitian tindakan kelas.

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.