BibTex Citation Data :
@article{JIP15271, author = {Dessy Sari and Rukiyah Rukiyah}, title = {SIKAP PUSTAKAWAN LAYANAN REFERENSI DI KANTOR ARSIP DAN PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN WONOSOBO DALAM MELAYANI PEMUSTAKA}, journal = {Jurnal Ilmu Perpustakaan}, volume = {5}, number = {1}, year = {2016}, keywords = {Sikap pustakwan, Layanan referensi, Pemustaka, Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Wonosobo.}, abstract = { Layanan referensi merupakan bagian dari layanan di perpustakaan. Layanan referensi adalah kegiatan kerja yang berupa pemberian bantuan kepada pemakai perpustakaan untuk menemukan informasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana sikap pustakawan layanan referensi di Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Wonosobo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap pustakawan layanan referensi di Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Wonosobo dengan menggambarkan sikap ramah, terampil, tanggung jawab, cepat tanggap, serta peduli terhadap layanan referensi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara mendalam yang langsung ditujukkan kepada pemustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap pustakawan referensi sudah ramah terhadap pemusaka yang berkunjung ke perpustakaan. Persepsi pemustaka tentang keterampilan ditunjukkan oleh sikap pustakawan referensi sudah terampil dalam mengolah data dan menata koleksi referensi. Persepsi pemustaka tentang tanggung jawab ditunjukkan oleh sikap pustakawan referensi bahwa bertanggung jawab dalam melayani dan membantu pemustaka. Persepsi pemustaka tentang daya cepat tanggap ditunjukkan oleh sikap pustakawan referensi bahwa sudah cepat tanggap dengan pemustaka yang mengalami kesulitan di perpustakaan. Persepsi pemustaka tentang sikap kepedulian pustakawan referensi yaitu sudah peduli, baik terhadap layanan referensi maupun terhadap pemustaka di perpustakaan. Secara umum dapat dikatakan bahwa sikap pustakawan referensi di Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Wonosobo dalam melayani pemustaka sudah baik. }, issn = {97980000000}, pages = {21--30} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/15271} }
Refworks Citation Data :
Layanan referensi merupakan bagian dari layanan di perpustakaan. Layanan referensi adalah kegiatan kerja yang berupa pemberian bantuan kepada pemakai perpustakaan untuk menemukan informasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana sikap pustakawan layanan referensi di Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Wonosobo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap pustakawan layanan referensi di Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Wonosobo dengan menggambarkan sikap ramah, terampil, tanggung jawab, cepat tanggap, serta peduli terhadap layanan referensi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara mendalam yang langsung ditujukkan kepada pemustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap pustakawan referensi sudah ramah terhadap pemusaka yang berkunjung ke perpustakaan. Persepsi pemustaka tentang keterampilan ditunjukkan oleh sikap pustakawan referensi sudah terampil dalam mengolah data dan menata koleksi referensi. Persepsi pemustaka tentang tanggung jawab ditunjukkan oleh sikap pustakawan referensi bahwa bertanggung jawab dalam melayani dan membantu pemustaka. Persepsi pemustaka tentang daya cepat tanggap ditunjukkan oleh sikap pustakawan referensi bahwa sudah cepat tanggap dengan pemustaka yang mengalami kesulitan di perpustakaan. Persepsi pemustaka tentang sikap kepedulian pustakawan referensi yaitu sudah peduli, baik terhadap layanan referensi maupun terhadap pemustaka di perpustakaan. Secara umum dapat dikatakan bahwa sikap pustakawan referensi di Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Wonosobo dalam melayani pemustaka sudah baik.
Last update: