Jurnal Ilmu Perpustakaan
BibTex Citation Data :
@article{JIP15153, author = {Nurul Wakhidah and Rukiyah Rukiyah}, title = {PENERAPAN KNOWLEDGE CREATION DI KOMUNITAS “AKADEMI MENULIS JEPARA”}, journal = {Jurnal Ilmu Perpustakaan}, volume = {5}, number = {2}, year = {2016}, keywords = {manajemen pengetahuan, penciptaan pengetahuan, komunitas “AkademiMenulisJepara”}, abstract = { Komunitas “AMJ” yang baru berdiri satu tahun sudah mempunyai peserta didik yang karyanya telah dimuat di media cetak, karya yang dihasilkan anggota komunitas “AMJ” juga semakin meningkat. Hal tersebut menunjukkan sistem penciptaan pengetahuan di Komunitas “AMJ” cenderung aktif. Inilah yang melatarbelakangipenelitiuntukmengkaji bagaimana penerapan knowledge creation dan metode penciptaan pengetahuan di Komunitas “AMJ”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan knowledge creation berdasarkan aspek sosialisasi, eksternalisasi, kombinasi, dan internalisasi, serta untuk mengetahui metode penciptaan pengetahuan berdasarkan five mode of knowledge generation di Komunitas “AMJ”. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan dipilih berdasarkan kriteria yang telah peneliti tentukan sebelumnya sejumlah 4 orang yang terdiri dari 2 orang tutor dan 2 orang peserta didik. Kriteria informan untuk tutor adalah mereka yang mempunyai frekuensi yang terbanyak dalam memberikan materi kepada peserta didik, sedangkan kriteria informan untuk peserta didik adalah mereka yang sering mengikuti kegiatan Komunitas “AMJ” selama peneliti melakukan penelitian. Analisis data yang diperoleh selama penelitian menunjukkan bahwa penerapan knowledge creation pada Komunitas “AMJ” dimulai dari aspek internalisasi, eksternalisasi, sosialisasi, dan kombinasi. Keempat aspek tersebut sudah diterapkan di Komunitas “AMJ” kecuali faktor kedua pada aspek kombinasi, yaitu transfer dan penyebaran pengetahuan eksplisit. Adapun five modes of knowledge generation sudah diterapakan Komunitas “AMJ” sesuai kebutuhan komunitas. }, issn = {97980000000}, pages = {121--130} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/15153} }
Refworks Citation Data :
Komunitas “AMJ” yang baru berdiri satu tahun sudah mempunyai peserta didik yang karyanya telah dimuat di media cetak, karya yang dihasilkan anggota komunitas “AMJ” juga semakin meningkat. Hal tersebut menunjukkan sistem penciptaan pengetahuan di Komunitas “AMJ” cenderung aktif. Inilah yang melatarbelakangipenelitiuntukmengkajibagaimana penerapan knowledge creation dan metode penciptaan pengetahuan di Komunitas “AMJ”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan knowledge creation berdasarkan aspek sosialisasi, eksternalisasi, kombinasi, dan internalisasi, serta untuk mengetahui metode penciptaan pengetahuan berdasarkan five mode of knowledge generation di Komunitas “AMJ”.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan dipilih berdasarkan kriteria yang telah peneliti tentukan sebelumnya sejumlah 4 orang yang terdiri dari 2 orang tutor dan 2 orang peserta didik. Kriteria informan untuk tutor adalah mereka yang mempunyai frekuensi yang terbanyak dalam memberikan materi kepada peserta didik, sedangkan kriteria informan untuk peserta didik adalah mereka yang sering mengikuti kegiatan Komunitas “AMJ” selama peneliti melakukan penelitian.
Analisis data yang diperoleh selama penelitian menunjukkan bahwa penerapan knowledge creation pada Komunitas “AMJ” dimulai dari aspek internalisasi, eksternalisasi, sosialisasi, dan kombinasi. Keempat aspek tersebut sudah diterapkan di Komunitas “AMJ” kecuali faktor kedua pada aspek kombinasi, yaitu transfer dan penyebaran pengetahuan eksplisit. Adapun five modes of knowledge generation sudah diterapakan Komunitas “AMJ” sesuai kebutuhan komunitas.
Last update: