Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

EVALUASI KUALITAS SIPRUS (SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN) BERDASARKAN PENDEKATAN THE DELONE AND MCLEAN MODEL OF INFORMATION SYSTEMS SUCCESS (STUDI KASUS UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PGRI SEMARANG)

*Nawang Saraswati  -  Universitas Diponegoro
Yanuar Yoga Prasetyawan  -  Universitas Diponegoro

Citation Format:
Abstract

Penelitian dengan judul “Evaluasi Kualitas SIPRUS (Sistem Informasi Perpustakaan) berdasarkan Pendekatan The Delone and Mclean Model of Information Systems Success (Studi Kasus UPT Perpustakaan Universitas PGRI Semarang” ini bertujuan untuk mengetahui kesuksesan SIPRUS ditinjau melalui pendekatan The DeLone and McLean Model of Information Systems Success. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi .Informan penelitian ditentukan melalui teknik purposive sampling yang terdiri dari empat pustakawan yang berhubungan langsung dengan SIPRUS dan empat pemustaka yang sedang menggunakan OPAC pada saat penelitian berlangsung. Kualitas SIPRUS dikaji melalu ienam dimensi yaitu kualitas informasi, kualitas sistem, kualitaslayanan, penggunaan, kepuasan pengguna, dan manfaat bersih. Hasil penelitian menunjukan bahwa SIPRUS selalu dapat menampilkan informasi yang lengkap, tetapi pada sistem OPAC memilikii nformasi yang tidak akurat sehingga pengguna tidak merasa puas dengan sistem OPAC.SIPRUS merupakan sistem yang fleksibel karena bisa diterapkan pada semua sistem operasi seperti windows dan linux, tetapi hal inisangat disayangkan karena sampai saat ini SIPRUS belum ada perkembangan yang berarti. Pihak perpustakaan juga belum merencanakan untuk pengembangan sistem. Manfaat yang didapat setelah menggunakan SIPRUS yakni produktivitas kerja pengguna meningkat, serta adanya penggurangan waktu pencarian informasi.

Fulltext
Keywords: SIPRUS, The Delone and Mclean Model of Information Systems Success, Kesuksesan Sistem Informasi, Perpustakaan Perguruan Tinggi.

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.