PERSEPSI PEMBACA TERHADAP PAPAN BACA SUARA MERDEKA KOTA SEMARANG

Rika Ayu Meilia, Lydia Christiani

Abstract


Kegiatan CSR papan baca PT Suara Merdeka Press diadakan karena adanya penurunan jumlah pembaca (readership) koran Suara Merdeka. Kegiatan CSR milik PT Suara Merdeka Press merupakan suatu kegiatan pemberian layanan papan baca koran gratis bagi masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah pembaca. Papan baca milik PT Suara Merdeka Press diletakkan pada sudut ramai Kota Semarang yang akan menimbulkan suatu persepsi dari masyarakat mengenai papan baca milik PT Suara Merdeka Press. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pembaca terhadap Papan Baca Suara Merdeka Kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan papan baca Suara Merdeka Kota Semarang memberikan manfaat bagi masyarakat karena masyarakat mempersepsi bahwa papan baca dapat memberikan informasi terbaru secara gratis untuk pembaca. Selain itu pembaca juga mempersepsikan bahwa dengan adanya papan baca pembaca dapat menyalurkan hobi membaca koran tanpa harus mengeluarkan biaya dan pembaca dapat saling bertukar informasi dengan pembaca lain di area papan baca Suara Merdeka Kota Semarang. Pembaca juga mempersepsikan bahwa papan baca dapat menjadi sarana hiburan bagi pembaca. Persepsi positif yang muncul dari pembaca juga memberikan dampak positif bagi PT Suara Merdeka Press yang ditunjukkan dengan peningkatan jumlah pembaca (readership) koran Suara Merdeka. Peningkatan jumlah pembaca (readership) koran Suara Merdeka juga diakibatkan karena content yang ada pada koran Suara Merdeka beragam.


Keywords


persepsi pembaca, papan baca Suara Merdeka Kota Semarang, corporate social responsibility (CSR), jumlah pembaca (readership)

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.