Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

ANALISIS KUNCI SUKSES ARSIP UNIVERSITAS GADJAH MADA SEBAGAI ARSIP TERBAIK NASIONAL TINGKAT PERGURUAN TINGGI TAHUN 2015

*Rifa Cahyaningrum  -  Universitas Diponegoro
Rizki Nur Islaminingsih  -  Universitas Diponegoro

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Kunci Sukses Arsip Universitas Gadjah Mada Sebagai Arsip Terbaik Nasional Tingkat Perguruan Tinggi Tahun 2015”. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kunci sukses dari Arsip Universitas Gadjah Mada sebagai arsip terbaik nasional tingkat perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus, dengan teknik pengambilan informan yang digunakan yaitu purpossive sampling. Informan dipilih berdasarkan kriteria yang telah peneliti tentukan sebelumnya, yang terdiri panitia pelaksana lomba arsip nasional dari Arsip UGM sebanyak 8 orang dan perwakilan dari tim penilai lomba arsip nasional tingkat perguruan tinggi tahun 2015 dari ANRI yaitu 1 orang. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kunci sukses dari Arsip Universitas Gadjah Mada dalam pelaksanaan lomba arsip nasional tahun 2015, mampu memenuhi hampir setiap parameter lomba yang ada. Terkait penomoran arsip dan sarana simpan di Arsip Universitas Gadjah Mada yang memiliki perbedaan dengan ANRI, hal tersebut merupakan bentuk inovasi yang dilakukan oleh Arsip UGM, yang tetap memenuhi prinsip pengelolaan arsip yang aman dan mudah ditemukan, didukung dengan nomenklatur kelembagaan Arsip Universitas Gadjah Mada yang lebih tinggi dibandingkan peserta lomba dari lembaga kearsipan tingkat perguruan tinggi lain yaitu setingkat eselon II, menjadi poin tersendiri bagi Arsip Universitas Gadjah Mada.

Fulltext
Keywords: Arsip Universitas Gadjah Mada, Penomoran Arsip, Sarana Simpan Arsip, Lomba Arsip Nasional

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.