Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

KONTRIBUSI PERPUSTAKAAN DALAM KNOWLEDGE MANAGEMENT STRATEGY DI PT PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA (PERSERO) DISTRIBUSI JAWA TENGAH DAN D.I. YOGYAKARTA

*Adhani Idulinda Br. Pos Pos  -  Universitas Diponegoro
Lydia Christiani  -  Universitas Diponegoro

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi Perpustakaan dalam implementasi Knowledge Management Strategy di PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat upaya untuk meng-capture pengetahuan perusahaan dengan menerapkan codification strategy dan personalization strategy melalui beberapa program kerja yaitu Community of Practice yang menghasilkan output berupa inovasi, Knowledge Sharing, Knowledge Capturing dan Pengelolaan Perpustakaan. Untuk dapat mendukung keberhasilan implementasi knowledge management dibutuhkan peran serta seorang professional informasi dengan beberapa kompetensi. Hasil penelitian menunjukkan beberapa kompetensi pengelola perpustakaan yang belum sepenuhnya terpenuhi yaitu kemampuan menganalisis dan mengelola dokumen.Sementara itu hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat beberapa kontribusi yang diberikan perpustakaan dalam implementasi Knowledge Management Strategy di PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta yaitu sebagai pengorganisasi informasi, sumber referensi, sarana dokumentasi serta media penyebarluasan informasi dan dokumen pengetahuan. 

Fulltext
Keywords: Codification Strategy,Knowledge Capturing,Knowledge Management, Perpustakaan Khusus, Personalization Strategy.

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.