KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI GURU DALAM UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU : STUDI KASUS SD NEGERI REJOSARI 01 SEMARANG

Vina Nur Itsna Ningrum, Yanuar Yoga Prasetyawan

Abstract


Penelitian ini berjudul “Kemampuan Literasi Informasi Guru dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru : Studi Kasus SD Negeri Rejosari 01 Semarang”. Guru berperan dalam memberikan ajaran kepada anak didiknya mengenai bagaimana cara mencari dan menggunakan informasi dengan bijak maka seorang guru wajib memiliki kemampuan literasi informasi. Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian adalah bagaimana seorang guru dapat memenuhi tuntutan pemerintah untuk mengembangkan kompetensi profesionalnya dan mengikuti perkembangan teknologi dan informasi pada saat ini. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan literasi informasi guru di SD Negeri Rejosari 01 Semarang dengan menggunakan standar ACRL (Association of College & Research Libraries).Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam mengidentifikasi kebutuhan informasi guru SD Negeri Rejosari 01 Semarang dengan cara merumuskan permasalahan terlebih dahulu. Namun strategi yang digunakan guru hanya mengetikkan kata kunci. Kemudian untuk proses mengevaluasi sumber informasi yang diperoleh guru menggunakan informasi lain untuk mengetahui kebenaran informasi yang diperoleh. Selanjutnya dalam menggunakan dan mengkomunikasikan informasi secara efektif dan efisien melalui penggabungan informasi yang didapatkan dengan pengetahuan yang sudah dimiliki menjadi satu rangkuman. Setelah itu, guru telah mengetahui cara bagaimana menghindari tindakan plagiasi yaitu dengan mencantumkan nama pengarang maupun sumber informasi di mana informasi tersebut diperoleh. Guru telah menerapkan literasi informasi dalam proses pembelajarannya dengan cara memberikan suatu permasalah kepada anak didiknya untuk kemudian didiskusikan.


Keywords


information literacy, professional competence of teachers, information literacy for teachers

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.