Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

PEMAKNAAN MASYARAKAT PERKOTAAN TERHADAP PERPUSTAKAAN KELILING DI RUANG PUBLIK (Studi Fenomenologi Terhadap Perpustakaan Keliling “Car Free Day” Jl. Pahlawan Kota Semarang)

*Awalinda Dyah Pungky Ramadhani  -  Universitas Diponegoro
Ika Krismayani  -  Universitas Diponegoro

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesadaran dan pemaknaan masyarakat kota Semarang akan kehadiran perpustakaan keliling di car free day jalan Pahlawan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Adapun yang menjadi informan adalah delapan pengunjung car free day dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan analisis Miles dan Huberman. Dalam penelitian ini menggunakan teori konstruksi sosial dari Peter L. Berger dan Thomas Luckman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua masyarakat kota Semarang yang mengunjungi car free day menyadari akan kehadiran perpustakaan keliling di car free day jalan Pahlawan. Pada subjective reality, seluruh masyarakat dapat memahami arti atau definisi perpustakaan keliling secara umum. Pada objective reality, tidak semua masyarakat memutuskan untuk memanfaatkan perpustakaan keliling. Pada symbolic reality, ditemukan beberapa pemaknaan dan penggambaran perpustakaan keliling yaitu durasi jam layanan yang sesuai dengan durasi car free day; lokasi perpustakaan keliling di car free day yang sudah tepat; koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan lengkap namun kurang up to date; fasilitas yang disediakan cukup namun dirasa kurang memenuhi dalam bidang anak-anak; pustakawan perpustakaan keliling di car free day ini terlihat kurang ramah dan cenderung pasif.

Fulltext
Keywords: Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah; Car Free Day; Meanings; Mobile Library; Social Construction.

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.