ANALISIS BAURAN PEMASARAN PADA PERPUSTAKAAN UMUM KABUPATEN BREBES

Sunu Fikri Raharjo, Ika Krismayani

Abstract


Perpustakaan dikatakan sebagai perusahaan jasa informasi nonprofit. Pemasaran yang tepat untuk menarik minat kunjung masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemasaran yang digunakan Perpustakaan Umum Kabupaten Brebes. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan metode observasi nonpartisipatif, studi dokumentasi dan wawancara dengan informan ditentukan dengan metode purposive sampling serta menggunakan indepth interview. Analisis data berdasarkan teori bauran pemasaran menemukan bahwa promosi yang digunakan Perpustakaan Umum Kabupaten Brebes menggunakan perpustakaan keliling dan pameran buku. Produk yang ditawarkan perpustakaan masih berupa buku-buku bacaan dan buku referensi. Lokasi perpustakaan yang berada di pojok perempatan jalan berakibat pada lahan yang sempit dan tidak bisa diperluas lagi. Tampilan perpustakaan sudah bagus hanya saja perlu perbaikan di bagian depan perpustakaan. Staf perpustakaan jumlahnya cukup banyak , hanya saja belum ada tenaga pustakawan. Pelayanan di perpustaaan masih menggunakan manual belum terotomasi. Upaya otomasi perpustakaan masih terganjal dengan kemampuan dan keinginan sumberdaya manusia yang ada. Kinerja staf perpustakaan juga belum maksimal, atmosfir kerja yang ada belum bisa mendukung staf bekerja secara maksimal. Termasuk koordinasi antar bagian dan antar staf. Tidak adanya pustakawan membuat pengarahan staf perpustakaan menjadi kurang. Namun, pelayanan tetap berjalan dengan baik dan membuat nyaman pemustaka yang ada di perpustakaan. 


Keywords


promosi perpustakaan; pemasaran; bauran pemasaran

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.