Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

GAYA KEPEMIMPINAN DALAM MEMBERIKAN MOTIVASI PUSTAKAWAN DI UPT PERPUSTAKAAN UNISSULA SEMARANG

*Siti Masriah  -  Universitas Diponegoro
Yuli Rohmiyati  -  Universitas Diponegoro
Ary Setyadi  -  Universitas Diponegoro

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini berjudul “Gaya Kepemimpinan dalam Memberikan Motivasi Pustakawan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Unissula Semarang”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gaya kepemimpinan seorang pimpinan atau kepala perpustakaan di perpustakaan Unissula Semarang. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dalam bentuk studi kasus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara. Sedangkan dalam pengolahan dan analisis data peneliti menerapkan teknik reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Peneliti mengambil enam orang informan dalam penelitian ini yaitu pustakawan Unissula. Dan pimpinan perpustakaan sebagai pelengkap data primer. Hasil penelitian menunjukkan Gaya kepemimpinan di UPT Perpustakaan Unissula Semarang yaitu Demokratis. Berdasarkan dari hasil wawancara penulis dapat simpulkan bahwa Pimpinan berkonsultasi kepada anak buah dalam pengambilan keputusan.

Motivasi yang diberikan pimpinan di UPT Perpustakaan Unissula Semarang kepada Anak buah yaitu berupa wejangan-wejangan dan hadiah kepada anak buah yang berprestasi. Motivasi yang mendorong anak buah bekerja di UPT Perpustakaan Unissula Semarang ini bermacam-macam pendapat yaitu dari diri sendiri, suasana serta karena Allah.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah gaya kepemimpinan Pimpinan UPT Perpustakaan Unissula Semarang demokratis dengan bermusyawarah dengan anak buah dalam pengambilan keputusan. Akan tetapi untuk masalah komunikasi ada beberapa pustakawan yang merasa kurang meskipun pimpinan ramah.
Fulltext
Keywords: Gaya Kepemimpinan, Motivasi, UPT (Perpustakaan Unissula)

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.