Jurnal Ilmu Perpustakaan
BibTex Citation Data :
@article{JIP14835, author = {Kartika Suryani and Sri Ati}, title = {ANALISIS KESESUAIAN PENERAPAN KURIKULUM 2008 DENGAN STANDAR KOMPETENSI PROGRAM STUDI S1 ILMU PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS DIPONEGORO}, journal = {Jurnal Ilmu Perpustakaan}, volume = {3}, number = {2}, year = {2014}, keywords = {Kurikulum, Kurikulum 2008 S1 Ilmu Perpustakaan, Kompetensi lulusan}, abstract = { Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kurikulum 2008 yang diterapkan sudah sesuai dengan standard kompetensi program studi S1 Ilmu Perpustakaan. Desain penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis deskriptif bentuk studi kasus. Teknik pengumpulan data pada observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun informan penelitian yang dijadikan sumber data penelitian yakni informan dari pihak alumni yang bekerja diperpustakaan sebanyak empat orang mewakili tiap jenis perpustakaan, dan dua dari pihak dosen tetap untuk verifikasi. Data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen untuk mendukung data primer. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh simpulan bahwa analisis kurikulum 2008 tersebut sudah sesuai dengan standard kompetensi yang dijabarkan pada 5 unsur kompetensi lulusan yaitu : Teknologi Informasi yang dipelajari sewaktu diperkuliahan telah diterapkan ditempat bekerja dengan sistem yang berbeda disetiap jenis perpustakaan; Pengelolaan dan diseminasi (promosi) dengan sarana pengelolaan inventarisasi; klasifikasi telah sesuai dengan kompetensi yang diterapkan, Pemasaran (komunikasi informasi) baik melalui media cetak maupun elektronik telah diterapkan; Pelestarian sebagai bentuk kepedulian agar informasi dapat dimanfaatkan dengan maksimal dan kewirausahaan yang diajarkan dibangku perkuliahan menambah poin pada lulusan. }, issn = {97980000000}, pages = {111--120} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/14835} }
Refworks Citation Data :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kurikulum 2008 yang diterapkan sudah sesuai dengan standard kompetensi program studi S1 Ilmu Perpustakaan. Desain penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis deskriptif bentuk studi kasus. Teknik pengumpulan data pada observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun informan penelitian yang dijadikan sumber data penelitian yakni informan dari pihak alumni yang bekerja diperpustakaan sebanyak empat orang mewakili tiap jenis perpustakaan, dan dua dari pihak dosen tetap untuk verifikasi. Data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen untuk mendukung data primer. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh simpulan bahwa analisis kurikulum 2008 tersebut sudah sesuai dengan standard kompetensi yang dijabarkan pada 5 unsur kompetensi lulusan yaitu : Teknologi Informasi yang dipelajari sewaktu diperkuliahan telah diterapkan ditempat bekerja dengan sistem yang berbeda disetiap jenis perpustakaan; Pengelolaan dan diseminasi (promosi) dengan sarana pengelolaan inventarisasi; klasifikasi telah sesuai dengan kompetensi yang diterapkan, Pemasaran (komunikasi informasi) baik melalui media cetak maupun elektronik telah diterapkan; Pelestarian sebagai bentuk kepedulian agar informasi dapat dimanfaatkan dengan maksimal dan kewirausahaan yang diajarkan dibangku perkuliahan menambah poin pada lulusan.
Last update:
slot thailand