Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

PENGARUH PEMBERIAN TUGAS PELAJARAN TERHADAP MINAT KUNJUNGAN DI PERPUSTAKAAN SMP NEGERI 3 PURWOREJO

*Fathir Nur Azmi  -  Universitas Diponegoro
Hermintoyo Hermintoyo  -  Universitas Diponegoro

Citation Format:
Abstract

Metode pemberian tugas pelajaran merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi minat kunjung siswa ke perpustakaan, karena menuntut siswa untuk mencari referensi tugas dan informasi yang berhubungan dengan tugas-tugas pelajaran yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemberian tugas pelajaran terhadap minat kunjungan siswa di perpustakaan SMP Negeri 3 Purworejo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan desain penelitian kuantitatif yang menggunakan bentuk kajian korelasi. Jumlah sampel ini adalah 80 responden yang terdiri dari 46 siswa kelas VII dan 34 siswa kelas VIII. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proportionate stratified random sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan distribusi frekuensi dan analisis statistik untuk uji validitas, uji reliabilitas, dan uji hipotesis koefisien korelasi Spearman.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa presentase hasil analisis deskriptif terhadap variabel pemberian tugas pelajaran memperlihatkan hasil pada kategori baik dengan jumlah presentase sebesar 43% (34 responden) dan variabel minat kunjungan memperlihatkan hasil pada kategori baik dengan presentase sebesar 40% (32 responden). Dari analisis statistik pada uji hipotesis koefisien korelasi Spearman menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara pemberian tugas pelajaran terhadap minat kunjungan siswa di perpustakaan SMP Negeri 3 Purworejo, dengan tingkat keeratan hubungan yang kuat sebesar 0,662 atau 66,2%.

Fulltext
Keywords: tugas pelajaran, minat kunjungan, perpustakaan

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.