Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

PERSEPSI MAHASISWA KEDOKTERAN UMUM TERHADAP DESAIN INTERIOR RUANG PERPUSTAKAAN DI PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG

*M Rifki Ananda  -  Universitas Diponegoro
Jumino Jumino  -  Universitas Diponegoro

Citation Format:
Abstract

Artikel ini merupakan ringkasan dari hasil penelitian yang berjudul “Persepsi Mahasiswa Kedokteran Umum terhadap Desain interior Ruang Perpustakaan di Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang.” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi persepsi mahasiswa terhadap desain interior ruang perpustakaan di Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang.

       Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif dan bentuk studi kasus. Teknik pengambilan sampel informan untuk penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sehingga didapatkan 8 informan yang sering berkunjung ke perpustakaan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan.

       Dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa desain interior ruang perpustakaan di Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang sudah baik. Hal tersebut didasarkan pada lima aspek yang ditanyakan kepada informan, yaitu aspek pencahayaan, pewarnaan, pengaturan udara dan suhu ruang, tata letak perabot, dan aksesibilitas. Kelima aspek tersebut mendapat tanggapan yang baik dari para informan, dengan harapan ke depannya agar Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang semakin meningkatkan kualitas sarana dan pra sarananya, terutama desain interior ruang perpustakaan agar pengunjung semakin nyaman berada di perpustakaan.
Fulltext
Keywords: desain interior, pemustaka, Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.