KEPUASAN SISWA PADA PETUGAS LAYANAN SIRKULASI DI PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 2 PEMALANG

*Embun Rysna Saraswati  -  Universitas Diponegoro
Hermintoyo Hermintoyo  -  Universitas Diponegoro
Published: 1 Apr 2014.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 73 129
Abstract

Skripsi ini berjudul “Kepuasan Siswa pada Petugas Layanan Sirkulasi di Perpustakaan SMA Negeri 2 Pemalang’’. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pelayanan di Perpustakaan SMA Negeri 2 Pemalang dan untuk mengetahui kepuasan siswa pada petugas layanan sirkulasi di Perpustakaan SMA Negeri 2 Pemalang, sehingga dari hasil penelitian diharapkan dapat membantu meningkatkan mutu layanan. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif dalam bentuk studi kasus. Informan dipilih secara purposive esampling, yaitu 15 informan yang berstatus siswa baik anggota maupun bukan anggota. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, display data dan verifikasi atau penarikan simpulan. Hasil penelitian secara keseluruhan sudah menunjukkan hal positif yaitu pemustaka telah memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh Perpustakaan SMA Negeri 2 Pemalang dengan baik dan sesuai fungsinya. Kepuasan pemustaka terhadap proses peminjaman dan pengembalian  koleksi secara keseluruhan sudah berjalan dengan baik. Hanya saja pada proses pengembalian kecepatan serta ketepatan masih perlu ditingkatkan. Pemustaka merasa puas terhadap layanan yang diberikan di bagian layanan sirkulasi, baik untuk koleksi perpustakaan maupun sikap pustakawan yang bersikap ramah, murah senyum, merespon dengan baik ketika memberikan layanan kepada mereka. Namun, demikian pemustaka masih mengharapkan layanan yang lebih prima dari sebelumnya karena ada beberapa kekurangan yang harus diperbaiki.

Keywords: Pemustaka, Pustakawan, Layanan Sirkulasi, Analisis Interaktif, Perpustakaan SMA Negeri 2 Pemalang

Article Metrics: